News
Rabu, 30 Maret 2022 - 16:11 WIB

3 Danjen Kopassus Diganti dalam 4 Bulan, Begini Jawaban TNI AD

Newswire  /  Haryono Wahyudiyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi Kopassus (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA—Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kembali mengganti Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) TNI Angkatan Darat (AD). Andika Perkasa menunjuk Brigjen TNI Iwan Setiawan menjadi Danjen Kopassus TNI AD menggantikan Mayjen TNI Widi Prasetijono.

Pergantian pucuk pimpinan korps baret merah ini menyita perhatian publik. Hal ini karena mutasi terjadi sudah tiga kali dalam empat bulan terakhir. Mayjen TNI Mohamad Hasan sebelumnya digantikan oleh Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa yang kemudian kembali diganti oleh Mayjen TNI Widi Prasetijono.

Advertisement

TNI AD dalam keterangan resmi menyatakan penunjukan Iwan Setiawan sebagai Danjen Kopassus tercantum dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/271/III/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Baca Juga: Bangga, Kolam Selam Terdalam se-Asia Tenggara Ternyata Milik Kopassus

Advertisement

Baca Juga: Bangga, Kolam Selam Terdalam se-Asia Tenggara Ternyata Milik Kopassus

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan mutasi jabatan perwira tinggi di lingkungan TNI AD adalah hal biasa. Mutasi dilakuka n untuk regenerasi dan pola pembinaan karier prajurit TNI AD.

“Terkait mutasi jabatan perwira tinggi di lingkungan TNI Angkatan Darat termasuk di antaranya Danjen Kopassus memang benar adanya. Namun, hal tersebut merupakan hal wajar, karena diperlukan regenerasi dan pola pembinaan karier prajurit TNI AD,” kata Tatang Subarna, di Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Advertisement

Baca Juga: Panglima TNI Andika Perkasa Terpapar Covid-19

Dalam Keputusan Panglima TNI yang diteken pada Jumat (25/3) pekan lalu, Mayjen TNI Widi Prasetijono dimutasi menjadi Panglima Daerah Militer (Pangdam) IV/Diponegoro menggantikan Mayjen TNI Rudianto. Sedangkan Mayjen TNI Rudianto ditunjuk menjabat Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat (Irjenad).

Brigjen TNI Iwan Setiawan sebelum ditunjuk sebagai Danjen Kopassus bertugas sebagai Wakil Asisten Latihan Kepala Staf Angkatan Darat (Waaslat Kasad) Bidang Kerja Sama Militer (Kermamil).

Advertisement

Dalam Keputusan Panglima Nomor Kep/271/III/2022, ada 113 perwira tinggi yang mengalami mutasi, rotasi, dan promosi.

Baca Juga: Panglima TNI Tunjuk Maruli Simanjuntak Jadi Pangkostrad

Di samping Danjen Kopassus dan Pangdam IV/Diponegoro, ada juga Wakil Gubernur Lemhannas, Wakil Kepala BAIS, Wairjen TNI, Wakil Kepala Pusat Kesehatan TNI, beberapa pejabat di BSSN dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif