News
Jumat, 1 Januari 2010 - 18:37 WIB

2009, Rata-rata hunian hotel di Solo hanya 49,93%

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Rata-rata tingkat hunian seluruh hotel di Kota Solo tahun 2009 hanya mencapai posisi 49,93%.
 
Dari survei Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo, berbagai agenda dan event wisata yang digelar selama 2009 dinilai belum mampu mendongkrak tingkat hunian hotel di Kota Solo. Tingkat hunian akan naik secara signifikan hanya saat agenda tersebut digelar.

Selebihnya, yakni pada hari-hari biasa, tingkat hunian hotel tetap berada pada okupansi yang rendah. Hal ini disampaikan salah satu anggota tim survei PHRI yang juga General Manager (GM) Kusuma Sahid Prince&Hotel (KSPH), Purwanto, di sela-sela evaluasi kepariwisataan di rumah dinas (Rumdin) Walikota Solo, Kamis (31/12).

Advertisement

“PHRI telah melakukan pengumpulan data pengunjung kepada setiap pengusaha hotel, baik hotel berbintang maupun hotel melati. Survei ini adalah survei pertama PHRI yang dilakukan secara detail, dan diketahui bahwa meskipun di Solo ini sudah banyak sekali event wisata yang digelar, tetapi okupansi hotel tetap rendah,” tutur Purwanto.

Dari data yang dikumpulkan, lanjutnya, okupansi hotel berbintang dalam kurun waktu satu tahun 2009 rata-rata sebesar 54,50%. Kemudian, untuk hotel melati tingkat huniannya hanya mencapai 40,67%. Sedangkan rata-rata tingkat hunian dari semua hotel, baik hotel berbintang maupun melati hanya mencapai 49,93%.

Purwanto menilai, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dalam mendeklarasikan kotanya sebagai kota wisata jangan hanya sepotong-sepotong. Perlu ada sinergi dengan semua stakeholder.

Advertisement

 

haw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Hotel Hunian
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif