News
Kamis, 17 Maret 2011 - 17:25 WIB

19 WNI di Jepang tiba di Tanah Air

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)–Evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Jepang masih terus dilakukan. Rombongan ketiga berjumlah 19 orang akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta malam ini pukul 21.50 WIB.

“Nanti 19 orang tiba di tanah air pukul 21.50 WIB pakai pesawat Garuda,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Michael Tene, Kamis (17/3/2011).

Advertisement

Michael mengatakan, pesawat yang membawa para WNI itu akan transit di Bandara Ngurah Rai, Bali. Dengan rombongan ketiga ini, jumlah WNI yang tiba di Tanah Air berarti sudah 128 orang.

“Tangga 15 Maret 99 orang, tanggal 16 Maret 10 orang, dan hari ini akan datang 19 orang, jadi total 128 orang,” kata Michael.

Michael mengatakan, dari sekitar 24 ribu WNI yang tinggal di Jepang, 496 orang di antaranya tercatat berada di sejumlah lokasi yang mengalami kerusakan paling parah akibat gempa dan tsunami. Dari 496 orang, 357 orang sudah terkonfirmasi selamat.

Advertisement

“Jadi masih ada sekitar 132 orang yang masih belum diketahui, tapi ini bukan berarti mereka hilang, bisa saja mereka sudah meninggalkan lokasi sebelum gempa terjadi. Kita masih akan terus pantau,” kata Michael.

Daerah yang paling parah kerusakannya akibat gempa dan tsunami Jepang adalah Miyagi, Iwate, Ibaraki dan Fukushima. Menurut Michael, kebanyakan WNI tinggal di luar lokasi-lokasi tersebut.

“Jadi yang lainnya bisa dibilang relatif aman karena lokasi mereka tidak terkena dampak gempa dan tsunami yang parah,” kata Michael.

Advertisement

(dtc/tiw)

Advertisement
Kata Kunci : Gempa Jepang WNI
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif