News
Kamis, 8 April 2010 - 23:25 WIB

10.241 siswa akan mengikuti UASBN

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo mencatat 10.241 siswa SD yang akan mengikuti Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN), diperkirakan pelaksanaan ujian berlangsung mulai 4 Mei mendatang.

Menurut Kepala Disdikpora Solo, Rakhmat Sutomo melalui Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, Hasto Daryanto, ada 10.241 siswa dari 280 sekolah yang akan mengikuti UASBN. Terkait persiapan ujian tersebut, pihaknya mengacu pada Surat Keputusan (SK) tentang SD/MI yang berwenang untuk menyelenggarakan UASBN 2009/2010,surat tersebut telah dilayangkan ke Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan dan pihak sekolah.

Advertisement

“Kemarin seluruh SK telah diedarkan ke sekolah, sehingga mereka dapat memahaminya,” jelasnya ketika dijumpai Espos di ruang kerjanya, Kamis (8/4).

Dia mengatakan, lembar soal yang akan diujikan merupakan 25% konsep Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sementara 75% muatan soal merupakan hasil penyusunan tim provinsi. Dia mengungkapkan, untuk Kota Solo ada tiga orang meliputi guru dan kepala sekolah yang masuk pada tim penyusun soal ujian Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia. Menurutnya, bobot soal diterapkan secara merata dan memenuhi kriteria mudah,sedang dan sulit.

“Rencananya pendistribusian soal akan dikirim pada 2 Mei mendatang ke sekretariat UPTD Banjarsari,” jelasnya.

Advertisement

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, sementara itu proses pengiriman soal dari kantor sekretariat ke UPTD akan dilaksanakan sehari sesudah pengiriman soal yakni 3 Mei. Menurutnya, ada dua sekolah yang secara administrasi akan menginduk yakni SDII Al Abidin dan SD Amanah Umah, beberapa sekolah tersebut belum meluluskan siswa sehingga belum terakreditasi. Secara teknis proses penyelenggaraannya akan dilaksanakan di sekolah setempat.

das

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Ikut SD Siswa UASBN
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif