News
Minggu, 7 Februari 2010 - 23:10 WIB

1 Maret, KA Prameks rute Solo-Sragen hapus

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–PT KAI (Daerah operasional) Daop VI, Yogyakarta merencanakan membatalkan trayek KA Prameks jurusan Solo-Sragen, per 1 Maret. Hal itu dilakukan demi meningkatkan load factor Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) Madiun Jaya jurusan Madiun-Solo-Kertosono yang diluncurkan sejak awal Januari lalu.

“Sehubungan adanya KA Madiun Jaya maka untuk sementara waktu, KA Prameks Solo-Sragen akan dibatalkan per 1 Maret. Hal tersebut untuk mengoptimalkan dan mengefektifkan pelayanan KA Prameks. Sekaligus, meningkatkan load factor KA Madiun Jaya yang belum begitu bagus,” ungkap Humas PT KAI Daop VI, Yogyakarta, Eko Budianto, saat dihubungi Espos, Minggu (7/2).

Advertisement

Saat dikonfirmasi Espos melalui telepon terkait kebijakan tersebut, Humas PT KAI Daop VII, Madiun, Hariyono Wirotomo menuturkan optimis load factor akan makin tinggi.

“Setiap hari Senin hingga Kamis, load factor Madiun Jaya berkisar 50%. Sedangkan, pada Jumat hingga Minggu, load factor mencapai 70%,” tuturnya.

Tetapi, kata Hariyono, perlu ada penambahan perjalanan dari Madiun-Solo sebanyak dua kali. Mengingat, penumpang KA Madiun Jaya dari Madiun ke Solo, sebagian besar adalah pedagang atau mereka yang memiliki tujuan berbelanja.

Advertisement

“KA Madiun Jaya berangkat dari Madiun pukul 05.30 WIB sampai di Solo pukul 07.24. Kemudian, akan berangkat ke Madiun pukul 08.15 WIB. Jedanya 50 menit. Menurut saya, itu tidak cukup apabila melihat kepentingan penumpang,” terang Hariyono.

Kedepan, ungkap Hariyono, akan mengupayakan menambah porsi perjalanan Madiun-Solo pp menjadi dua kali. Tetapi, belum dapat dipastikan kapan.

m88

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif