News
Kamis, 18 April 2024 - 08:43 WIB

Solopos Hari Ini : PDIP Solo Adu Orasi Kandidat

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (18/4/2024).

Solopos.com, SOLO–Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (18/4/2024), mengangkat headline tentang para tokoh yang berminat terjun dalam kontestasi Pilkada Kota Solo bakal ditantang untuk berbicara di depan publik menguraikan konsep-konsep mereka.

Diberitakan Solopos hari ini, tantangan tersebut terlihat dari pernyataan Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, yang menyebut berencana membuatkan forum orasi bagi para cawali-cawawali. Forum itu sebagai ajang bagi mereka yang mendaftarkan diri ke DPC PDIP Solo untuk menyampaikan ide dan gagasan membangun kota.

Advertisement

“Melakukan orasi politik sebagai bakal calon, Wali Kota dan Wawali. Untuk masa depan masyarakat Solo, dan keberlangsungan ideologi PDIP, kami tetap melangkah dengan jalur ideologi partai, Pancasila 1 Juni 1945,” ujar dia saat dijumpai di rumahnya, Senin (15/4/2024).

Rudy menyatakan forum tersebut bukan panggung atau forum debat para calon. Dia beralasan debat para calon sudah ada yang akan menyelenggarakan. “Kami orasi saja. Kalau debat nanti ada yang menggelarnya,” ujar dia. Apalagi menurut Rudy calon yang akan mendapatkan rekomendasi dari PDIP hanya dua orang, yaitu cawali-cawawali. Artinya para pendaftar lainnya yang tidak mendapatkan rekomendasi kembali kepada dunia masing-masing.

Advertisement

Rudy menyatakan forum tersebut bukan panggung atau forum debat para calon. Dia beralasan debat para calon sudah ada yang akan menyelenggarakan. “Kami orasi saja. Kalau debat nanti ada yang menggelarnya,” ujar dia. Apalagi menurut Rudy calon yang akan mendapatkan rekomendasi dari PDIP hanya dua orang, yaitu cawali-cawawali. Artinya para pendaftar lainnya yang tidak mendapatkan rekomendasi kembali kepada dunia masing-masing.

“Kalau mau debat ya nanti setelah calon-calon itu dapat rekomendasi. Hla kalau debat sekarang, kalau nanti enggak dapat perahu, karena yang direkomendasi hanya dua orang, Wali Kota dan Wawali. Orasi saja,” kata dia. Rudy menjelaskan forum orasi di­gelar agar kader PDIP dan masyarakat mengenal dan mengetahui figur-figur calon pemimpin Solo. Hasil dari forum tersebut akan menjadi salah satu saringan bagi para cawali-cawawali.

Sosok Baru Bermunculan

BOYOLALI—Sejumlah tokoh baru bermunculan di tengah maraknya persiapan kontestasi pilkada di berbagai wilayah Soloraya. Memang belum bisa dipastikan apakah sosok-sosok ini bakal terjun dalam pilkada. Namun kemunculan mereka lewat media publikasi jelas menarik perhatian.

Advertisement

Tertulis kata-kata ucapan selamat Idulfitri 1445 Hijriah dan kata-kata lain seperti “Luwes. Pantes. Teges,” di samping foto Fauzan. Tertulis juga identitasnya, “drg. Fauzan Arif Munandar. Wakil Ketua PC GP Ansor Boyolali,” di bawah fotonya. Terkait munculnya baliho tersebut, Ketua GP Ansor Boyolali, Ahmad Kurniawan menjelaskan pemasangan baliho dilaksanakan oleh pengurus Ansor tingkat kecamatan atas kemauan mereka sendiri..

Manufaktur Indonesia Tetap Ekspansif

JAKARTA—S&P Global, sebuah lembaga riset yang mengamati tren pasar global, mencatat indeks manager pembelian (IMP) manufaktur Indonesia pada Maret 2024 berada di level 54,2 atau naik 1,5 poin dibandingkan capaian Februari yang berada di angka 52,7. Sektor manufaktur ekspansif di saat sejumlah negara mengalami kontraksi.

Laporan itu membuktikan optimisme Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. “Sektor manufaktur Indonesia sedang berada pada posisi ekspansif selama 31 bulan berturut-turut. Ini sejalan juga dengan capaian Indeks Kepercayaan Industri [IKI] pada Maret yang sama-sama berada pada fase ekspansi dengan level 53,05,” kata Menperin Agus di Jakarta, Senin (1/4/2024) seperti dikutip dari laman indonesia.go.id yang diakses Selasa (16/4/2024).

Advertisement

Kinerja IMP manufaktur Indonesia pada Maret 2024 lebih baik dibandingkan PMI Manufaktur negara-negara peers yang masih berada di fase kontraksi, seperti Malaysia (48,4), Thailand (49,1), Vietnam (49,9), Jepang (48,2), Korea Selatan (49,3), Jerman (41,6), Prancis (45,8), dan Inggris (49,9).

Tak Perlu Basa-Basi, Kemenangan Harga Mati

DOHA–Kemenangan menjadi harga mati bagi Timnas Indonesia U-23 saat melawan Australia U-23 agar peluang lolos dari Grup A Piala Asia U-23 tetap terjaga. Duel Indonesia vs Australua tersebut akan digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Kamis (18/4/2024) dan disiarkan langsung di RCTI mulai pukul 19.00 WIB.

Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Qatar harus segera dilupakan guna memupuk optimisme dalam mengupayakan tiket semifinal. Situasi tidak lebih mudah bagi tim asuhan Shin Tae-yong ini, Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta dipastikan absen melawan Australia nanti malam.

Advertisement

Sedangkan Justin Hubner baru bergabung bersama Timnas Indonesia U-23, tentu akan dipantau kondisinya terlebih dahulu. Hubner baru saja menjadi starter saat memperkuat Cerezo Osaka melawan Grulla Morioka di Piala Liga Jepang, Rabu (17/4/2024). Meski begitu, optimisme tetap harus hadir bagi Garuda Muda, Australia U-23 bukanlah tim yang superior apabila berkaca dari penampilan mereka melawan Yordania yang berakhir 0-0.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (18/4/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Kata Kunci : Solopos Hari Ini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif