Menhub: 70% Kecelakaan Motor Melibatkan Anak Milenial

Ilustrasi kecelakaan akibat rel kereta api menyilang di jalan. (Solopos/Umarul Faruq)
08 Desember 2018 22:04 WIB Dinda Wulandari Nasional Share :

Solopos.com, PALEMBANG -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut sekitar 70% kecelakaan lalu lintas melibatkan generasi milenial pengendara kendaraan roda dua. Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela touring motor bersama generasi milennial di Kota Palembang, Sabtu (8/12/2018).

“Lebih dari 70% itu kalau ada kecelakaan korbannya pengendara motor milenial, oleh karena itu mereka mesti tahu cara berkendara yang baik,” kata Budi Karya, Sabtu.

Menurut Budi, kegiatan touring yang berkonsep Milenial Safety Riding itu sebagai upaya pemerintah untuk mengkampanyekan berkendara yang aman. Kegiatan touring tersebut didampingi Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru dan Walikota Palembang Harnojoyo juga bersama komunitas bikers Kota Palembang.

Rombongan touring melakukan start dari pelataran Benteng Kuto Besak menyusuri jalan Merdeka menuju kawasan Kambang Iwak Palembang. "Tingkat kecelakaan lalu lintas saat ini cukup tinggi, khususnya kendaraan roda dua, bersama para komunitas biker kota Palembang kami ingin mengkampanyekan berkendara aman, kami berharap dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas," ungkap Budi.

Budi Karya menuturkan pihaknya selalu menyalakan lampu motor meski di siang hari dan memakai helm sesuai standar keselamatan. “Kemenhub ingin sekali safety riding menjadi bagian yang penting. Anak-nak milenial yang gandrung dengan motor, silakan berkreasi. Lakukan inovasi dengan membangun motor custom dan sejenisnya tetapi jangan lupakan soal keselamatan baik standar kendaraannya maupun cara berkendaranya,” papar Budi.

Gubernur Sumsel Herman Deru menyatakan pentingnya memerhatikan aspek keselamatan dalam hal apapun. Dia meminta milenial Sumsel untuk benar-benar menjadikan safety riding sebagai budaya hari-hari.

Deru mengatakan, dirinya bersama Walikota Palembang telah merancang rencana pembuatan sirkuit balap. Karena itu, generasi muda yang memiliki hobi otomotif, terutama sepeda motor, punya sarana untuk menyalurkan hobinya tersebut secara aman.

"Dalam rangka memberikan tempat bagi anak-anak muda Kota Palembang yang hobi balap, saya bersama Pak Wali Kota akan segera membangun sirkuit balap, jangan balap di jalan raya," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan masyarakat khususnya anak muda harus benar-benar memperhatikan keselamatan dalam berkendara. "Yang paling penting, pertama pastikan semua lengkap, mulai dari kendaraan bermotor, helm, jaket, dan perlengkapan lainnya,” katanya.

Sumber : Bisnis/JIBI

Kolom 7 hours ago

Jelalatan