Keluarga Jokowi Tentang Media: Diberitakan Negatif Pun Terbantu

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi jalan pagi bersama anak dan cucu di Kebun Raya Bogor, Sabtu (8/12/2018). (Instagram - @jokowi)
08 Desember 2018 19:10 WIB Amanda Kusumawardhani Nasional Share :

Solopos.com, BOGOR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai media memainkan peran penting dalam mengangkat elektabilitasnya saat menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden Republik Indonesia.

"Saya ini, tahun 2004 siapa sih yang kenal saya? Sebelum jadi walkot [wali kota]. Atau pas pilkada [pemilihan kepala daerah] pertama. Wali Kota  siapa sih yang kenal saya? Nggak ada. Nggak ada. Nggak ada," jelas Jokowi saat menjawab pertanyaan awak media dalam acara Bincang Pagi Media bersama Jokowi dan Keluarga di Bogor, Sabtu (8/12/2018).

Menurutnya, namanya mulai dikenal saat media lokal hingga media nasional memberitakannya. Dari situlah dimulai perjalanan politik Jokowi mencuat secara nasional sampai mancanegara.

Tak jauh berbeda dengan Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, anak sulung Jokowi, mengatakan media merupakan teman yang membesarkannya dari nol hingga sekarang.

"Jadi ketika ada berita positif saya dibantu, ada berita negatif pun saya terbantu, arena berita itu menguntungkan bagi saya. Ya, terima kasih semua untuk teman-teman media yang hadir di sini," ujarnya.

Gibran mencontohkannya bagaimana salah satu bisnisnya, Markobar, berkembang menjadi brand yang dikenal luas. Dulunya martabak merupakan makanan kaki lima dan kini menjadi makanan yang dikenal luas akibat pemberitaan media.

"Itu kalau enggak dibesarkan sama teman-teman media di sini, enggak bakalan jadi apa-apa. Dan saya tekankan semua kepada anak muda pekerjaan sekecil apa pun itu kalau ditekuni pasti akan jadi besar," ucap Gibran.

Dia mencontohkan idola anak muda saat ini misalnya Nadiem Makarim. Dia menjelaskan Nadiem memoles sesuatu yang sangat kecil dan sepele yakni tukang ojek yang dipersenjatai oleh teknologi. Solusi kecil kemacetan di Jakarta dijawab Nadiem dengan keberadaan Go-Jek pun direspons positif oleh masyarakat.

"Sekarang kan kita lihat saja Go-Jek sudah sampai ke Vietnam sebentar lagi Filipina, Singapura, dan semua negara-negara di Asia. Media itu, ya itu tadi teman-teman yang membesarkan saya dan juga membesarkan Bapak," tekannya.

Sumber : Bisnis/JIBI