Bos Keuangan Huawei Ditahan di Kanada

Meng Wanzhou (BBC)
06 Desember 2018 21:10 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, OTTAWA – Pemerintah Kanada menahan salah satu bos perusahaan teknologi China, Huawei, Meng Wanzhou. Wanita ini ditangkap saat menghadapi ekstradisi dengan Amerika Serikat (AS) karena melakukan kerja sama dagang dengan Iran.

Bos keuangan Huawei, Meng Wanzhou, telah lama diincar Amerika Serikat karena melakukan perdagangan dengan Iran yang sedang dijatuhi sanksi. Meng Wanzhou tercatat sebagai Kepala Keuangan dan Wakil Direktur Huawei. Dikutip dari BBC, Kamis (6/12/2018), Meng Wanzhou ditangkap pada Sabtu (1/12/2018). Kini, dia tengah menunggu persidangan yang dijadwalkan besok, Jumat (7/12/2018).

Sayangnya, pihak Huawei menolak memberikan keterangan tentang penangkapan Meng Wanzhou. Pihak Huawei mengaku tidak mengetahui kesalahan yang membuat Meng Wanzhou ditahan. Sementara juru bicara Departemen Kehakiman Kanada, Ian McLeod, juga menolak memberikan keterangan detail tentang penangkapan Meng Wanzhou.

Sebagai informasi, pemerintah Amerika Serikat telah menuntut Huawei sejak 2016 silam atas dugaan mengirim produk ke Iran dan negara lain yang terkena sanksi. Seperti diketahui, Iran merupakan salah satu negara yang terkena sanksi perdagangan dari Amerika Serikat.

Meng Wanzhou yang merupakan putri pendiri Huawei, Ren Zhengfei, ditangkap saat transit di Bandara Internasional Vancouver, Kanada. Dia masuh dalam daftar pencarian hukum Amerika Serikat sejak beberapa bulan terakhir. Penangkapannya di Kanada bakal berlanjut dengan ekstradisi ke Amerika Serikat.

Pihak Huawei percaya penuh dengan sistem hukum di Kanada. Mereka bakal mengikuti proses hukum yang berjalan di negara tersebut. "Perushaan percaya sistem hukum Kanada dan Amerika Serikat akan mencapai hasil yang adil," tegas Huawei.