Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 29 November 1975, Bendera Indonesia Berkibar di Timor Leste

Presiden Indonesia, Soeharto, bertemu dengan Presiden AS, Gerald Ford, sehari setelah pasukan Indonesia menginvasi Timor Leste, 6 Desember 1975. (Wikimedia.org)
29 November 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 29 November. Salah satu peristiwa bersejarah pada 29 November adalah berkibarnya bendera Indonesia di Timor Leste untuk kali pertama setelah negara tersebut merdeka dari Portugal.

Selain itu, ada berbagai kejadian lain pada 29 November yang layak dikenang. Demi mengenangnya, berikut Solopos.com merangkum beberapa peristiwa dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 29 November, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

903
Pasukan Kekhalifahan Abbasiyah mengalahkan pasukan Qaramitah di dekat Hama, Suriah. Kemenangan Abbasiyah itu berakibat terusirnya orang-orang Qaramitah dari wilayah Suriah bagian barat. Selain itu, kemenangan tersebut juga membuka jalan bagi Abbasiyah untuk menguasai Mesir.

1612
Pertempuran antara pasukan Inggris dan pasukan Portugal meletus di Suvali, Surat, Gujarat, India. Pertempuran tersebut berlangsung selama dua hari dan berakhir dengan kemenangan Inggris. Atas hasil itu, monopoli perdagangan Portugal di India berakhir dan digantikan dengan Inggris.

1899
Joan Gamper bersama beberapa pemain sepak bola dari Swiss, Inggris, dan Spanyol mendirikan klub sepak bola di Barcelona, Spanyol dengan nama FC Barcelona. Klub tersebut kini menjadi salah satu klub tersukses di Eropa. Tercatat Barcelona telah mengoleksi lima gelar juara Liga Champions UEFA, empat Piala Eropa UEFA, lima Piala Super Eropa, 24 gelar juara Liga Spanyol, 28 Copa del Rey, serta tiga kali juara dalam ajang Piala Dunia Antar-Klub FIFA.

1944
Sehari setelah Albania mendeklarasikan kemerdekaannya, pasukan Jerman angkat kaki meninggalkan wilayah Albania. Hari itu lantas dikenang sebagai Hari Pembebasan di Albania.

1945
Sekelompok pemuda berjumlah sekitar 200 orang yang dipimpin Rauf Rahman memasuki kantor polisi di Kepulauan Selayar yang dikuasai Belanda untuk mengusir Belanda dari wilayah tersebut. Para pemuda itu lantas berhasil mengambil alih kekuasaan dari tangan Belanda. Atas keberhasilan itu, 29 November lantas ditetapkan sebagai Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Selayar.

1945
Pendirian Republik Federal Sosialis Yugoslavia secara resmi diproklamasikan. Negara tersebut adalah gabungan dari Kerajaan Yugoslavia dan Wilayah Merdeka Trieste. Republik Federal Sosialis Yugoslavia lantas resmi bubar pada 27 April 1992 dan pecah menjadi beberapa negara, yakni Kroasia, Slovenia, Makedonia, Serbia-Montenegro, serta Bosnia dan Herzegovina.

1947
Majelis Umum PBB menyetujui Rencana Pembagian Wilayah untuk Palestina. Rencana itu memecah Palestina menjadi wilayah untuk Bangsa Yahudi dan Bangsa Arab. Rencana itu dilakukan untuk mengakhiri konflik Bangsa Yahudi dan Bangsa Arab di Palestina.

Ryan Joseph Giggs. (Reuters-Suzanne Plunkett)

1973
Ryan Joseph Giggs lahir dim Cardiff, Wales. Namanya menjadi terkenal setelah dirinya dipercaya sebagai pemain andalan bagi Manchester United (MU) sejak 1990 hingga 2014. Selama kariernya di sepak bola profesional, Giggs hanya membela MU. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu telah mencetak 114 gol dari 672 penampilannya di Liga Inggris bersama MU.

1975
Sehari setelah Timor Leste mengumumkan kemerdekaannya dari Portugal, kelompok pro-Indonesia mengibarkan bendera Indonesia di Timor Leste. Peristiwa itu lantas memicu konflik dengan Front Revolusi untuk Timor Leste Merdeka. Baru pada 17 Juli 1976, Timor Leste resmi menjadi salah satu provinsi di Indonesia dengan nama Timor Timur.

George Harrison. (Georgeharrison.com)

2001
George Harrison meninggal dunia Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS) akibat kanker paru-paru yang sudah ia derita sejak lama. Semasa hidupnya, George merupakan gitaris di band legendaris asal Liverpool, Inggris, yakni The Beatles.

Kolom 21 hours ago

Jelalatan