Inilah Stephen Hillenburg, Sosok Guru Biologi Pencipta Spongebob Squarepants

Pencipta Spongebob Squarepants, Stephen Hillenburg. (Reuters-Luis Enrique Ascui - Wikimedia)
28 November 2018 15:40 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLOKabar duka datang dari dunia hiburan, khususnya dunia serial animasi. Sang pencipta serial Spongebob Squarepants, Stephen Hillenburg, meninggal dunia di usia 57 tahun, Selasa (27/11/2018).

Pria yang akrab disapa Steve itu meninggal dunia karena penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) yang dideritanya sejak 2017. Penyakit tersebut sama dengan yang diderita mendiang fisikawan ternama, Stephen Hawking, yang tutup usia pada 14 Maret 2018 lalu.

Di balik keberhasilan serial animasi Spongebob Squarepants yang ia ciptakan, Stephen Hillenburg ternyata merupakan guru biologi. Pria bertubuh gempal tersebut merupakan guru biologi di Southern California, California, Amerka Serikat (AS).

Dikabarkan Reuters, Rabu (28/11/2018), Hillenburg awalnya menciptakan karakter-karakter makhluk laut sebagai bahan ajarnya. Seiring berjalannya waktu, Hillenburg mulai menciptakan karakter makhluk laut sebagai tokoh pada serial animasi dan lahirlah Spongebob Squarepants.

Episode pertama Spongebob Squarepants menampilkan spons laut kuning yang ceria tinggal di rumah nanas di kota bernama Bikini Bottom. Spons bernama Spongebob Squarepants itu hadir bersama teman-temannya, yakni Patrick Star, Tuan Krabs, Squidward Tentacle, Sandy si Tupai, Larry si Lobster, Plankton, dan masih banyak lagi.

Serial animasi tersebut kali pertama ditayangkan di televisi AS pada Mei 1999. Spongebob Squarepants kemudian menjelma menjadi serial animasi poopuler dan memenangi banyak penghargaan.

Spongebob Squarepants telah ditayangkan di lebih dari 200 negara, termasuk Indonesia, dan telah diterjemahkan ke lebih dari 60 bahasa, juga termasuk bahasa Indonesia.

Kini, sang pencipta Spongebob Squarepants itu telah tutup usia dan pergi selamanya. Banyak penggemar Spongebob Squarepants yang bersedih atas kabar duka tersebut. Bahkan, banyak pula artis ternama yang mengutarakan ucapan duka melalui akun media sosial mereka. Selamat jalan, Steve!

Kolom 7 hours ago

Jelalatan