Tutup Rapimnas Kadin, Jokowi: Jangan Ragukan Komitmen Saya Terhadap UMKM!

Presiden Jokowi menyampaikan sambutan saat penutupan Rapimnas Kadin di Hotel Alila, Solo, Rabu (28/11 - 2018). (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)
28 November 2018 14:40 WIB Farida Trisnaningtyas Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup agenda Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Alila Hotel Solo, Rabu (28/11/2018) siang.

“Ketua Kadin menyampaikan aspirasi mengenai UMKM ini juga menyuarakan aspirasi yang saya inginkan. Saya ini alumnus UMKM, keluarga saya juga UMKM, anak-anak saya juga UMKM, jualan martabak dan pisang. Jangan ragukan komitmen saya terhadap UMKM,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, di ajang APEC dua pimpinan dunia bersitegang, sulit dipersatukan, yakni Tiongkok dan Amerika Serikat. Sayang, upaya Indonesia untuk menjembatani kepentingan kedua negara itu belum berhasil.

“Ada ketidakpastian ekonomi global, ada pengaruh, tapi harus tetap optimistis. Setiap kesempitan ada kesempatan. Perang dagang seperti ini ada peluang,” imbuhnya.

Sejumlah solusi untuk menguatkan perekonomian khususnya mendongkrak ekspor adalah peningkatan ekspor, hilirisasi, dan industrialisasi. Dia meminta berbagai pihak terus menelusuri peluang ekspor terutama bagi UKM.

Agar neraca perdagangan jadi baik, ekspor sangat penting. UKM yang ekspor jauh lebih produktif, penghasilan lebih tinggi, bisnis lebih inovatif, dan membayar gaji karyawannya lebih tinggi pula.

Sebelumnya, sejumlah menteri mengisi dialog interaktif pada hari terakhir Rapimnas dan Kadin Indonesia, Rabu. Mereka adalah Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, yang diwakili Sekjen Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bambang Hendroyono.

Diskusi panel ini mengusung topik sesuai dengan tema Rapimnas Kadin 2018 “Meningkatkan Ekspor dan Mendorong Pembangunan Industri yang Berdaya Saing Menuju Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan”.

Kolom 6 hours ago

Jelalatan