Kirab Kadin di Solo, Pengalaman Pertama Naik Kereta Kencana

Peserta Kirab Rapimnas Kadin di Solo, Selasa (27/11 - 2018). (solopos/M.Ferri Setiawan)
27 November 2018 19:15 WIB Bayu Jatmiko Adi Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Peserta Rapimnas Kadin 2018  yang mengenakan busana adat Nusantara berkumpul di depan Stadion Sriwedari, Selasa (27/11/2018). Lokasi tersebut menjadi titik pemberangkatan Kirab Budaya Kadin Indonesia yang menjadi rangkaian dari acara Rapimnas Kadin 2018. 

Tidak terkecuali Ketua Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani; Ketua Kadin Jawa Tengah, Kukrit Suryo Wicaksono dan Ketua DPR Bambang Soesatyo yang sama-sama mengenakan beskab warna hitam. Ketiganya juga duduk di dalam satu kereta kencana yang telah disiapkan panitia kirab. Ketiganya mengaku hari itu adalah pengalaman pertama kalinya mengikuti kirab dengan menaiki kereta kencana. 

"Saya orang Jawa Tengah, kalau melihat [kereta kencana] pernah beberapa kali. Tapi kalau menaiki ya baru kali ini seumur hidup," tutur Kukrit kepada Solopos.com yang disambut tawa dari kedua rekan di hadapannya. Hal yang sama juga disampaikan Rosan dan Bambang.

"Ini suatu kehormatan bagi kami bisa naik kereta kencana," timpal Bambang. 

Rosan yang duduk di samping Bambang mengaku sangat bahagia dan bangga mengikuti Kirab Budaya tersebut. Terlebih kirab itu dilakukan dalam rangka kegiatan tahunan dari Kadin.

"Di sini kami bisa melihat langsung aneka budaya kita dan memang saat ini kami juga bersama anggota Kadin dari berbagai daerah di Indonesia," kata dia. 

Wakil Ketua Kadin Indonesia, Halim Kalla, yang berada di kereta berbeda juga menyampaikan hal yang sama. "Ini pengalaman baru. Pertama juga bagi saya ikut acara adat seperti ini. Solo kan memang kental budayanya. Ini menjadi pengalaman tersendiri," tutur pria yang saat ini mengenakan busana daerah Bugis tersebut. 

Seperti disampaikan Wakil Ketua Organizing Committee (OC) Rapimnas Kadin 2018, Daryono, sebelumnya, Kirab Budaya Kadin Indonesia akan diikuti para peserta Rapimnas Kadin serta jajaran pengurus Kadin Indonesia.

Dia mengatakan ada sekitar 50 kereta hias serta kereta kencana yang membawa para peserta Rapimnas dalam kirab tersebut. Selain itu ada barisan kensaraan hias, barisan pasukan Keraton Solo, drumband dan sebagainya.

Sedangkan beberapa pengurus Kadin Solo seperti Ketua Kadin Solo, Gareng S. Haryanto tampak mengikuti kirab dengan mengendarai kuda. Rombongan kirab berangkat dari depat Stadion Sriwedari sekitar pukul 15.00 WIB dan berjalan menelusuri Jl. Slamet Riyadi menuju Balai Kota Solo. 

Sebelumnya Daryono juga mengatakan kirab tersebut merupakan rangkaian Rapimnas Kadin yang baru pertama kali dilakukan. Melalui kegiatan tersebut diharapkan kegiatan Rapimnas Kadin di Solo memberikan kesan tersendiri bagi peserta Rapimnas.