LSI: 24,7% Publik Anggap Kondisi Ekonomi Buruk, Sebagian Pendukung Prabowo

Sandiaga Uno menunjukkan tempe yang diberikan oleh Sinta Nuriyah Wahid disaksikan Yenny Wahid (tengah) di Ciganjur, Jakarta, Senin (10/9 - 2018). (Antara / Hafidz Mubarak A)
27 November 2018 17:30 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Hasil survei lembaga Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan mayoritas publik menilai kondisi perekonomian Indonesia saat ini dalam keadaan baik. Namun, sebagian publik lainnya menilai kondisi ekonomi Indonesia buruk, di antaranya berasal dari kalangan pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Sebanyak 70,3 persen responden menilai kondisi ekonomi Indonesia dalam kondisi yang baik, di mana mayoritas di antaranya menyatakan mendukung Jokowi," kata peneliti LSI, Ardian Sopa, dalam pemaparan hasil survei di Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Ardian mengatakan ada sebanyak 24,7 persen responden yang menilai perekonomian dalam kondisi buruk. Dari responden yang menilai ekonomi buruk itu, 20 persen di antaranya merupakan pendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dia mengatakan penilaian baik atau buruknya kondisi perekonomian dalam survei, merupakan murni persepsi individu masing-masing responden. Persepsi itu bisa dipengaruhi beragam hal, mulai dari media, kehidupan sehari-hari dan lain sebagainya. Dia menekankan, persepsi publik tentang kondisi perekonomian ini akan turut mempengaruhi elektabilitas kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2019.

LSI menyebut survei ini dilakukan pada 10-19 November 2018 dengan melibatkan 1.200 responden dan menggunakan metode multistage random sampling. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dan menggunakan kuesioner dengan margin of error plus minus 2,9 persen.

Sumber : Antara