Marketplace Ini Dukung Penggalangan Dana Bencana Lewat Konser

Ilustrasi korban gempa mulai menata hidup - (Solopos/dokumen)
26 November 2018 22:46 WIB Tika Sekar Arum Nasional Share :

JAKARTA, Solopos.com - Panitia Gala Dana Palu Konser 100 Biduan 100 Hits untuk Palu, Donggala, Sulawesi Tengah menyerahkan donasi secara simbolis kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) senilai Rp16 miliar, Jumat (23/11/2018). Tokopedia terlibat dalam konser kemanusiaan ini bersama Bekraf, Iluni UI, Kitabisa.com, dan lainnya.

Donasi itu untuk pembangunan hunian sementara di Palu, Sigi, Donggala, dan sekitarnya. Konser yang digelar 5 Oktober 2018 tersebut berhasil menggalang donasi Rp19 miliar, di mana Rp3 miliar untuk bantuan medis dan psikososial telah disalurkan.

Tokopedia menghimpun dana Rp6,63 miliar dengan perincian Rp 2,5 miliar berasal dari Tokopedia dan sisanya partisipasi lebih dari 59.000 masyarakat yang menyumbang lewat aplikasi Tokopedia. “Kepedulian masyarakat Indonesia dalam membantu sesama terbukti sangat tinggi. Awalnya, target Rp5 miliar, ternyata terkumpul Rp19 miliar. Walau pun persiapannya sangat singkat, kolaborasi ini mendapat sambutan luar biasa,” kata Ketua penyelenggara acara, Loemongga Kartasasmita, dalam rilisnya, Jumat.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga, mengatakan setelah tanggap darurat, tugas Kementerian PUPR adalah membangun 1.200 hunian sementara yang ditargetkan selesai Desember 2018. “Sesuai dengan mandat Pak Menteri, hunian sementara tersebut akan sangat berarti bagi masyarakat yang terkena bencana alam dan kehilangan hunian tetap mereka. Dalam melaksanakan kerja sama ini, Kementerian PUPR dan tim Gala Dana Palu menandatangani MoU,” kata dia.

Pembangunan harus mengikuti standar dan spesifikasi yang ditetapkan Kementerian PUPR, seperti untuk hunian maupun fasilitas lainnya, di antaranya fasilitas pendidikan dan kesehatan. Dia memastikan dana ini akan dikelola dengan amanah.

Kolaborasi ini mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Per 23 November 2018, donasi yang terkumpul senilai Rp19,3 miliar. Perinciannya, komitmen individual dan perusahaan Rp11,99 miliar, Tokopedia Rp6,63 miliar (Rp2,5 miliar berasal dari Tokopedia, sisanya partisipasi lebih dari 59.000 masyarakat yang menyumbang lewat aplikasi Tokopedia, penonton konser kemanusiaan Rp473,8 juta, dan Kitabisa.com senilai Rp211,15 juta.

"Kami sangat bersyukur melihat animo masyarakat Indonesia terhadap kolaborasi filantropi terintegrasi untuk Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, yang sangat tinggi bahkan melebihi target. Tandanya, masyarakat benar-benar peduli kepada sesama yang membutuhkan," kata Glenn Fredly, artis yang mendukung Konser 100 Hits, 100 Biduan dan aktivis Bale Nusa Indonesia.

 

Kolom 19 hours ago

Jelalatan