Cari Produk Unik? Ini Peserta Batikvaganza Rapimnas Kadin di Solo

Pemilik Omah Seni, Artika, memamerkan stannya di Batikvaganza Rapimnas Kadin di Alila Hotel Solo, Senin (26/11 - 2018). (Solopos/Farida T)
26 November 2018 22:40 WIB Farida Trisnaningtyas Nasional Share :

Soloposcom, SOLO -- Usaha batik baik Usaha Kecil Menengah (UKM) maupun produsen industri batik ambil bagian dalam pameran bertajuk Batikvaganza yang digelar dalam rangka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia 2018 yang digelar selama tiga hari di Alila Hotel Solo, Senin-Rabu (26-28/11/2018). Belasan usaha batik ini bagian dari 57 stan UKM binaan Kadin yang menggelar aneka produk dalam pameran ini.

Ketua Kadin Jateng, Kukrit Suryo Wicaksono, mengatakan Rapimnas ini tak hanya sekadar agenda rapat, tetapi juga dimeriahkan dengan beragam supporting event. Salah satunya adalah pameran Batikvaganza.

“Batik ini tradisi leluhur yang harus dikembangkan dan dilestarikan. Beragam batik andalan dari berbagai daerah dipamerkan di sini,” ujar Ketua Organizing Committee Rapimnas Kadin 2018 ini, kepada wartawan, Senin (26/11/2018).

Sejumlah UKM maupun produsen industri batik yang memamerkan produknya dalam Batikvaganza ini adalah Batik Dwi Hadi, Batik Danar Hadi, Batik Riana Kesuma, Batik Mayaratna, Batik Esti Collection, Batik Agung Wibowo, Batik Amalia Java Art, Sendra Batik Solo, Batik Cici, Batik Domas, Batik Karlina, Batik Wulannik, Batik Candi Luhur, Batik Aliansy, Griya Batik Lengo, Batik Semar, dan Batik Mutiara Solo.

Wakil Ketua OC Rapimnas Kadin, David Wijaya, menambahkan pameran Batikvaganza ini selain untuk memeriahkan acara juga memenuhi kebutuhan para peserta Rapimnas Kadin 2018.

“Kalau para peserta tidak sempat belanja ke luar karena padatnya acara, mereka bisa mendapatkannya dalam pameran ini. Ada berbagai jenis motif batik yang dijual, cocok untuk oleh-oleh,” jelasnya.