Bapak-Bapak Ikut Rapimnas Kadin, Ibu-Ibu Bisa Belanja di Batikvaganza

Ketua umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani (dua dari kiri) didampingi Kedua Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono (kiri) Ketua Kadin Solo dan Ketua Komite Tetap Pemberdayaan Daerah Kadin Pusat, Ali Said mengunting untaian melati saat membuka Batik Vaganza 2018 di Alila Hotel, Solo, Senin (26/11 - 2018). (Solopos/Sunaryo HB)
26 November 2018 18:06 WIB Farida Trisnaningtyas Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri yang digelar di Alila Hotel Solo, Senin-Rabu (26-28/11/2018), tak sekadar berkutat di ruang rapat membahas kebijakan ekonomi, tetapi juga jadi ajang pamer produk. Adalah Batikvaganza yang menampilkan kreasi batik terkini dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Kadin Solo, Gareng S Haryanto, mengatakan pameran ini menampilkan kreasi batik dari berbagai daerah. Setidaknya ada sebanyak 57 UKM binaan Kadin yang ambil bagian dalam Batikvaganza ini. Tak hanya industri rumahan yang ikut serta, tetapi produsen tekstil industri besar juga berpartisipasi. Mereka adalah PT Sritex, Batik Danar Hadi, Batik Semar, Batik Riana Kesuma, dan Batik Mayaratna.

“Batikvaganza merupakan bentuk konsistensi komitmen Kadin untuk mengembangkan UMKM, utamanya dalam hal ini batik sebagai warisan budaya yang bernilai tinggi. Kadin mengajak para pelaku untuk bersama-sama mendukung UMKM agar bisa terus maju dengan memberikan fasilitas permodalan, pelatihan sumber daya manusia, dan akses pasar yang lebih besar,” paparnya, Senin (26/11/2018).

Ketua Kadin Jateng, Kukrit Suryo Wicaksono, menambahkan Solo ini tak bisa dilepaskan sebagai salah satu sentra batik di Indonesia. Maka dari itu, Batikvaganza ini sebagai sarana unjuk gigi batik-batik produksi Tanah Air.

“Jadi ini nanti Bapak-bapak rapat ikut Rapimnas, ibu-ibunya bisa belanja batik di pameran,” kelakarnya.