Ini Agenda Rapimnas Kadin di Solo, Jokowi Bakal Hadir

Presiden Joko Widodo seusai menjenguk B.J. Habibie di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Senin (27/8 - 2018). (Antara/Agus Salim)
25 November 2018 22:10 WIB Bayu Jatmiko Adi Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Pelaksanan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) 2018 dimulai, Senin (26/11/2018). Rapimnas akan dihadiri oleh sejumlah pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sesuai rencana, Rapimnas Kadin 2018 digelar 26-28 November di Alila Solo Hotel. Kegiatan Rapimnas Kadin akan dibuka dengan Rapat Pleno Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia pada Senin siang, yang dilanjutkan sidang pleno pertama.

Kemudian pada Senin malam akan digelar gala dinner di Pendapa Gede Balai Kota Solo.  Acara inti Rapimnas Kadin akan dilakukan pada Selasa (27/11/2018). Direncanakan acara akan dibuka oleh Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.

Selanjutnya akan ada dialog dengan Menko Bidang Perekonomian. Sebelumnya, Ketua Komite Tetap Pemberdayaan Daerah Kadin Pusat, Ali Said, mengatakan Rapimnas merupakan agenda organisasi yang sifatnya tahunan.

"Kami ingin memberikan evaluasi, rekomendasi dan untuk mengetahui perkembangan perekonomian di dunia usaha. Kami juga ingin membangun sinergi antara Kadin pusat dengan Kadin daerah," kata dia.

Rapimnas Kadin juga akan menjadi ajang untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan terkait kebijakan-kebijakan dari pemerintah pusat. Kehadiran para menteri diharapkan menjadi ajang untuk menyerap informasi dari pemerintah pusat. Selain itu, pada Selasa siang direncanakan akan ada Kirab Budaya.

Pada hari ketiga, Rabu (28/11/2018), diskusi panel akan digelar dengan pembicara beberapa menteri. Di antaranya ada menteri Perindustrian, Menteri Pertanian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta dari Perum Bulog.

Rapimnas Kadin direncanakan akan ditutup pada Rabu siang. Penutupan Rapimnas direncanakan dihadiri oleh Presiden Jokowi. "Garis besarnya seperti itu. Semoga tidak banyak perubahan," kata Ketua Kadin Solo, Gareng S. Haryanto, saat ditemui Solopos.com di Alila Solo Hotel, Minggu (25/11/2018).

Pelaksanaan Rapimnas Kadin 2018 di Solo tersebut akan mengangkat tema Meningkatkan Ekspor dan Mendorong Pembangunan Industri yang Berdaya Saing Menuju Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan.