Rapimmas Kadin di Solo Fokus Peningkatan Ekspor

Ketua Kadin Solo, Haryanto Gareng. (Solopos/Sunaryo HB)
25 November 2018 05:00 WIB Bayu Jatmiko Adi Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Rapat Pimpimnan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Indonesia akan digelar di Solo mulai Senin (26/11/2018) nanti. Peningkatan ekspor akan menjadi tema yang diangkat dalam agenda tahunan organisasi tersebut.

Disampaikan Ketua Kadin Solo, Gareng S. Haryanto, pada Jumat (9/11), telah dilakukan rapat persiapan Rapimnas Kadin 2018 di Kantor Kadin Solo. Dia mengatakan waktu pelaksanaan kegiatan tidak ada perubahan, yaitu pada 26-28 November. Kegiatan akan difokuskan di Alila Hotel.

"Tema yang akan diangkat adalah Meningkatkan Ekspor dan Mendorong Pembangunan Industri yang Berdaya Saing Menuju Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan," kata dia saat memberikan keterangan dalam jumpa pers di kantornya, Jumat. Melalui tema tersebut, dia berharap perekonomian di Indonesia terus meningkat, begitu juga dengan ekspor.

Menurut Gareng, meski tema yang diangkat mengacu ke persoalan nasional, namun Solo masuk di dalamnya. Dia pun berharap iklim ekspor di Solo bisa terus meningkat. Dia mengatakan untuk saat ini iklim ekpor di wilayah Solo sudah cukup baik. Beberapa komoditas dari Solo sudah menembus pasar internasional, seperti tekstil, mebel dan sebagainya.

Berdasarkan data dari Dinas Perdagangan Solo, relalisasi ekspor Kota Solo pada semester I tahun ini dari 16 komoditas yang ada, nilainya cenderung meningkat. Jika pada Januari dengan volume barang sekitar 895.159,65 kg, nilai ekspornya mencapai 3.209.483,43 dolar Amerika Serikat.

Pada Februari dengan volume barang 729.904,02 kg, nilai ekspor mencapai Rp3.834.355,91 dolar Amerika Serikat. Untuk Maret, volume barang sekitar 757.133,29 kg, nilai ekspor mencapai 4.394.670,02 dolar Amerika Serikat.

Di bulan April, barang yang diekspor sebanyak 917.509,08 kg, nilai ekspornya mencapai 4.327.182,61 dolar Amerika Serikat. Pada Mei jumlah barang ekspor sekitar 773.147,54 kg dengan nilai 4.369.425,24 dolar Amerika Serikat. Sedangkan pada Juni, jumlah barang ekspor sebanyak 562.800,67 kg dengan nilai 4.850.479,51 dolar Amerika Serikat.

Untuk komoditas yang tercatat di antaranya ada batik, biskuit, gula kelapa, kantong plastik, kartu ucapan, kerajinan rotan, mebel rotan, mebel kayu, perabotan kayu, tekstil dan produk tekstil dan sebagainya.

Mengenai kegiatan Rapimnas Kadin, Wakil Ketua Umum Kadin Jawa Tengah, Mulyono Hadi Pranoto, mengatakan kegiatan Rapimnas direncanakan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu acara juga akan dihadiri beberapa menteri seperti Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian serta Gubernur Bank Indonesia. "Acara juga dihadiri oleh perwakilan Kadin semua daerah, total sekitar 2.000 orang," kata dia

Sementara itu Ketua Komite Tetap Pemberdayaan Daerah Kadin Pusat, Ali Said, mengatakan Rapimnas merupakan agenda organisasi yang sifatnya tahunan.

"Kami ingin memberikan evaluasi, rekomendasi dan untuk mengetahui perkembangan perekonomian di dunia usaha. Kami juga ingin membangun sinergi antara Kadin pusat dengan Kadin daerah," kata dia yang hadir di Kantor Kadin Solo saat itu. Rapimnas juga akan menjadi ajang untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan terkait kebijakan-kebijakan dari pemerintah pusat. Termsuk kebijakan perbankan atau finansial dari Bank Indonesia.