Rapimnas Kadin Digelar di Solo, 3.000 Tamu Berdatangan

Acara pre-event Rapimnas Kadin 2018 di car free day (CFD) Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (18/11 - 2018). (Solopos/M. Ferri Setiawan)
24 November 2018 20:11 WIB Bayu Jatmiko Adi Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) 2018 akan digelar di Solo pada 26-28 November 2018 di Solo. Kegiatan yang dihadiri peserta dari berbagai daerah di Indonesia diharapkan membawa dampak positif terhadap perekonomian Solo. Saat ini beberapa hotel mulai menerima pesanan kamar untuk tamu acara tersebut.

Ketua Kadin Solo, Gareng S. Haryanto, mengatakan kegiatan tersebut akan dipusatkan di Alila Solo Hotel. "Direncanakan akan dihadiri sekitar 3.000 peserta dari perwakilan kabupaten/kota di Indonesia, perwakilan provinsi se-Indonesia serta dari pengus pusat," kata dia kepada Solopos.com, Senin (5/10/2018).

Gareng berharap selain menghasilkan hasil rapat yang bermanfaat, acara tersebut juga bisa membawa dampak positif bagi Solo.  Tidak menutup kemungkinan dengan banyaknya peserta rapimnas juga membutuhkan kamar hotel sesuai kebutuhan. Wisata kuliner serta aktivitas pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) diharapkan juga bisa mengambil keuntungan dari banyaknya pendatang yang mengikuti acara di Solo.

Menurutnya Rapimnas 2018 tersebut akan mengambil tema Menggalakkan Ekspor dan Pariwisata.  Sementara itu sejumlah hotel mengaku sudah mendapatkan dampak positif dari rencana digelarnya Rapimnas Kadin di Solo.

General Manager The Sunan Hotel, Retno Wulandari, mengatakan selalu ada dampak positif yang muncul dari setiap kegiatan besar yang di gelar di Solo. Dampak tersebut salah satunya adalah banyaknya kamar hotel yang akan dipesan selama acara berlangsung. Dia mengaku saat ini sudah ada peserta Rapimnas Kadin yang memesan kamar di The Sunan Solo. Meskipun secara jumlah belum bisa disebutkan.

Dia juga berharap sektor MICE akan terus berkembang di Solo. "Kalau bicara MICE, semua komponen bisa bergerak mendatangkan MICE di Solo. Nantinya dampaknya bukan hanya ke hotel tapi ke semua bidang. Termasuk transportasi, destinasi wisata, kuliner, UMKM dan sebagainya," kata dia.

Sementara itu Asisten Public Relation & Event Marketing Manager Alila Solo, Tesa Pujiastuti, mengatakan pada periode pelaksanaan Rapimnas Kadin, kamar hotelnya juga sudah habis terpesan. "Semua kamar full booking oleh Kadin," kata dia, Senin. 

Kolom 7 hours ago

Jelalatan