Soloraya
Selasa, 19 Maret 2024 - 08:53 WIB

Animal Movements Jadi Tema Solo Menari yang Diadakan 29 April 2024

Redaksi Solopos.com  /  Nugroho Meidinata  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Solo Menari. (Dok)

Solopos.com, SOLO — Untuk merayakan Hari Tari Sedunia, Solo Menari digelar pada Senin, 29 April 2024. Acara tersebut akan diadakan di Kota Solo, Jawa Tengah, yang terkenal dengan kota budaya.

Berdasarkan Jawa Tengah Calender of Events 2024, pada event akbar Kota Solo ini, masyarakat bakal disuguhkan indahnya gerakan tari yang dikemas apik dan tidak membosankan.

Advertisement

Pada 2024, wisata Jawa Tengah berbasis kesenian dan kebudayaan ini mengambil tema Animal Movements. Tema tersebut mengandung arti bukan sekadar gerak tanpa makna, namun juga menginspirasi manusia untuk belajar kehidupan dalam berinteraksi dengan alam dan lingkungannya.

Tema Solo Menari 2024 itu juga bertujuan untuk menyelaraskan manusia dalam berdampingan dengan semua mahkluk ciptaan Tuhan. Selain itu, tema Animal Movements ini mengartikan tentang gerakan hewan yang berkontribusi pada perjalanan kebudayaan manusia, khususnya di dunia seni tari. Apalagi banyak karya tari yang nilai estetikanya terinspirasi dari gerakan hewan.

Dengan tema tersebut, acara yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini bakal diadakan di empat lokasi yang ada di Solo. Beberapa di antaranya, Solo Safari, Taman Sriwedari, Taman Balekambang, dan Taman Banjarsari.

Advertisement

Sebagai informasi, Solo Menari 2024 bakal diadakan mulai pukul 16.00-22.00 WIB. Acara tersebut akan menyuguhkan pesona tari tradisional dan kontemporer dalam sebuah pertunjukan spektakuler.

Pada gelaran Solo Menari 2023 sebelumnya, acara ini diawali dengan kirab gunungan dari Pura Mangkunegaran menuju koridor Ngarsopuro. Pada atraksi budaya ini, para penari perempuan yang berasal dari berbagai usia tampak sepenuh hati saat membawakan tarian. Tarian itu dibawakan oleh ratusan penari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, pecinta tari maupun penikmat tari. Penonton yang memenuhi lokasi acara seperti terhipnotis menyaksikan penampilan para penari.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif