Sport
Selasa, 19 Maret 2024 - 16:58 WIB

Thom Haye dan Oratmangoen Bertekad Bawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026

Redaksi Solopos.com  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua pemain keturunan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen menjalani sumpah pada Senin (18/3/2024) menjelang tengah malam. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Dua pemain keturunan Belanda, Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye bertekad membawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026.

Tekad itu disampaikan keduanya setelah resmi menjadi warga negara Indonesia, Selasa (19/3/2024) dini hari.

Advertisement

Mereka sangat berterima kasih terhadap dukungan luar biasa dari para supporter Timnas Indonesia dalam proses sumpah sebagai WNI.

Bagi Ragnar Oratmangoen, Timnas Indonesia punya banyak potensi karena diisi oleh pemain-pemain muda.

Advertisement

Bagi Ragnar Oratmangoen, Timnas Indonesia punya banyak potensi karena diisi oleh pemain-pemain muda.

Pemain jebolan akademi NEC Nijmegen ini berambisi membawa Timnas Indonesia bisa lolos ke  Piala Dunia.

“Saya sangat senang tentu saja, memang saya sempat menunggu tapi saya sangat senang semua ini selesai. Saya harap bisa lolos ke Piala Dunia bersama Timnas Indonesia. Tim ini diisi pemain muda, jika mereka berkembang saya punya ekspektasi tinggi dengan tim ini,” ucapnya dalam keterangan yang diterima Solopos.com, Selasa (19/3/2024).

Advertisement

“Saya sangat senang dengan sambutan suporter. Saya tidak sabar untuk Indonesia melawan Vietnam di rumah. Saya berharap semua suporter datang dan memberi dukungan yang luar biasa,” ucapnya.

Tekad yang sama dilontarkan Thom Haye, yang menempuh perjalanan 18 jam ke Indonesia setelah bermain untuk FC Heerenveen menghadapi Feyenoord dalam lanjutan Eredivise, Minggu (17/3/2024).

“Ya memang memakan waktu cukup lama dan proses yang panjang, tapi saya senang semua sudah selesai. Dalam 24 jam tadi setelah saya bermain, saya langsung ke bandara terbang 18 jam dan ke sini untuk menyelesaikan semua prosesnya,” kisahnya.

Advertisement

Pemain yang pernah merumput di Italia bersama Lecce ini berharap bisa berkontribusi maksimal untuk sepakbola Indonesia.

Thom Haye mendapatkan banyak pesan dari suporter Indonesia dan sangat mengapresiasi hal tersebut.

“Saya ingin berkontribusi maksimal untuk sepakbola Indonesia dan berharap bisa berbuat banyak untuk Timnas Indonesia. Saya juga mendapatkan pesan dukungan yang luar biasa, saya sangat berterima kasih untuk itu,” ucap pemain berusia 29 tahun ini.

Advertisement

Sebelumnya, Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye langsung menjalani perekaman KTP dan pembuatan paspor seusai menjalani sumpah sebagai WNI pada Senin (18/3/2024) tengah malam.

Identitas kewarganegaraan kedua pemain keturunan Belanda itu akan siap Selasa (19/3/2024).

“Segera setelah pengambilan sumpah ini, Anda berdua langsung menjalani perekaman data untuk KTP dan pembuatan paspor, malam ini juga. Nanti jam 02.00 dini hari sudah jadi,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, seusai mengambil sumpah kedua pemain, Selasa dini hari, seperti dikutip dari kanal Youtube Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Acara pengambilan sumpah tersebut dihadiri sejumlah pejabat di Kemenkumham dan Dispendukcapil DKI Jakarta serta anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga sebagai wakil dari Ketum PSSI Erick Thohir.

Sebagai informasi, Thom Haye adalah gelandang cerdik yang kini membela klub di liga teratas Belanda, SC Heerenveen.

Thom Haye memiliki darah Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Solo dan nenek dari Sulawesi Utara.

Sementara itu Ragnar Oratmangoen adalah penyerang yang kini membela klub Belanda, Fortuna Sittard.

Kiprah keduanya ditunggu pencinta Timnas karena mereka adalah pilar di klub masing-masing.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif