Jateng
Jumat, 29 Maret 2024 - 03:18 WIB

Golkar Persilakan Bupati Kendal Dico Maju Cagub Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, saat diwawancara awak media seusai menghadiri serah terima jabatan Pj Gubernur Jateng Nana Sujadna, pengganti Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika Kota Semarang, Rabu (6/9/2023). (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — DPD Partai Golkar Jawa Tengah (Jateng) mempersilakan Bupati Kendal, Dico M Ganiduto, untuk maju dalam kontestasi Pilgub Jateng 2024 sebagai calon gubernur (cagub). Kendati demikian, hingga kini nama Dico belum masuk dalam daftar bursa cagub Jateng 2024 yang akan diusung partai berlambang pohon beringin itu.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Golkar Jateng, Iqbal Wicaksono, mengatakan nama Dico memang diusulkan sejumlah kalangan untuk maju dalam Pilgub Jateng. Oleh karenanya, Iqbal pun tak akan melarang jika suami arti Chacha Frederica itu berniat mencalonkan diri sebagai Jateng 1.

Advertisement

“Muncul [nama] Bupati Kendal [Dico] sebagai masukan [dicalonkan dalam Pilgub Jateng] karena dia milenial. Ya, silakan saja kalau mau berlayar [maju]. Makanya, tidak menutup kemungkinan bisa [maju Pilgub Jateng],” ujar Iqbal kepada Solopos.com, Kamis (28/3/2024).

Kendati mempersilakan, Iqbal menilai tugas Dico sebagai Bupati Kendal belum sepenuhnya tuntas. Oleh sebab itu, ia berharap Dico tetap fokus dan berkonsentrasi menyelesaikan tugasnya dalam memimpin Kendal, setidaknya dalam dua periode.

“Sampai saat ini belum ada pertimbangan apakah sudah ada keharusan atau kemampuan ke sana [Dico maju Pilgub]. Tapi andaikan tetap [memimpin] di Kendal lebih bagus,” saran Iqbal.

Advertisement

Iqbal juga memastikan hingga kini baru ada tiga nama kader Golkar yang diusulkan untuk maju dalam Pilgub Jateng 2024. Dari tiga nama itu tidak ada nama Bupati Kendal, Dico M Ganinduto. Ketiga nama yang diusulkan itu yakni Ketua DPD Partai Golkar Jateng, Panggah Susanto; Sekretaris DPD Golkar Jateng yang juga eks Bupati Karanganyar, Juliyatmono; dan Ketua Harian DPD Partai Golkar Jateng yang juga mantan Bupati Batang, Wihaji.

Sementara mengenai koalisi, sampai saat ini Golkar masih terus melakukan penjajakan dan komunikasi secara intens kepada semua partai. Termasuk dengan Partai Gerindra yang mengusung Sudaryono sebagai cagub Jateng 2024.

“Komunikasi tak terbatas hanya di KIM [Koalisi Indonesia Maju]. Bahkan Gerindra juga meski sudah mengusung Mas Sudaryono. Dan tidak ada sesuatu yang tak mungkin untuk bergabung. Semua masih mencari. Politik kan begitu [dinamis]. Apalagi iklim nasional dan Jateng beda,” jelasnya.

Advertisement

Terpisah, Ketua DPD II Golkar Kendal, Bimo Alit, tak menampik jika Dico masuk dalam pertimbangan untuk diusulkan maju dalam Pilgub Jateng 2024. Meski demikian, Bimo mengaku keputusan apakah Dico akan diusung untuk maju Pilgub Jateng sepenuhnya ada di tangan DPP Partai Golkar.

“Saya kira hari ini belum [maju Pilgub], masih fokus di Kendal. Tapi, keputusan tetap ada di DPP. Kita hanya ikuti instruksi,” terangnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif