Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 10 November 1945, Indonesia dan Sekutu Bertempur di Surabaya

Tentara Gurkha Nepal yang tergabung dalam pasukan Sekutu terlibat pada Pertempuran 10 November di Surabaya, 1945. (Wikimedia.org)
10 November 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Berbagai peristiwa bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 10 November. Salah satunya adalah pertempuran antara pasukan Indonesia dan pasukan Sekutu di Surabaya yang kemudian memicu ditetapkannya 10 November sebagai Hari Pahlawan Nasional.

Selain itu, ada beberapa kejadian penting lainnya yang layak dikenang pada 10 November. Demi mengenangnya, simak rangkuman Solopos.com tentang catatan persitiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Ilustrasi sosok Raden Wijaya. (Wikimedia.org)

1293
Raden Wijaya secara resmi dinobatkan sebagai raja pertama di Kerajaan Majapahit. Ia lantas menyandang gelar Kertarajasa Jayawardhana dan memerintah hingga akhir hayatnya pada 1309.

1444
Pasukan Ottoman berhasil mengalahkan pasukan gabungan Polandia Hungaria, Kroasia, Bohemia Lituania, Kekaisaran Romawi Suci dan para pemberontak Bulgaria yang menyerang wilayah Varna, Bulgaria. Dengan hasil itu, pasukan gabungan gagal merebut wilayah Varna yang dikuasai Ottoman.

1580
Pasukan negara-negara Kepausan dikalahkan pasukan Inggris dan pasukan Irlandia setelah tiga hari mengepung wilayah Dun an Oir dekat Ard na Caithne. Setelah menyerah, tentara Negara-negara Kepausan dibantai pasukan Inggris dan Irlandia.

1940
Gempa bumi berkekuatan 7,7 sR melanda Rumania dan menyebabkan lebih dari 1.000 jiwa melayang. Selain itu, gempa bumi tersebut telah melukai lebih dari 4.000 orang dan menghancurkan sekitar 65.000 bangunan.

1945
Pertempuran antara tentara Indonesia dengan tentara Sekutu meletus di Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Pertempuran itu dipicu pihak Inggris yang marah lantaran ultimatum yang diserukan agar Indonesia menyerah dan menghentikan perlawanan tak dipedulikan. Ultimatum itu diserukan sebagai wujud kemarahan Sekutu atas tewasnya Brigandir Jendera A.W.S. Mallaby dalam baku tembak beberapa hari sebelumnya. Pertempuran di Surabaya itu lantas menjadi simbol perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. Dengan banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil yang menjadi korban, 10 November kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan di Indonesia.

1962
Games of the New Emerging Forces (Ganefo) I atau Pesta Olahraga Negara-Negara Berkembang pertama yang digelar di Jakarta dimulai. Pesta olahraga tersebut berlangsung selama 13 hari dan diikuti sekitar 2.700 atlet dari 51 negara. Ganefo hanya diselenggarakan dua kali sebelum akhirnya bubar setelah Tiongkok yang dinobatkan sebagai tuan rumah membatalkannya secara sepihak.

Jens Gerhard Lehmann. (Reuters)

1969
Jens Gerhard Lehmann lahir di Essen, Nordrhein-Westfalen, Jerman Barat. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang berposisi sebagai kiper. Lehmann dikenal sebagai kiper yang pernah membela Schalke 04, AC Milan, Borussia Dortmund, Arsenal, dan Stuttgart. Ia juga pernah menjadi andalan Timnas Jerman selama 10 tahun, dari 1998 hingga 2008.

1970
Untuk kali pertama sejak 1965, tak ada laporan yang menunjukkan adanya pertempuran berarti selama sepekan di Vietnam. Hal itu cukup mengejutkan lantaran sejak 1965, selalu ada pertempuran-pertempuran di Vietnam setiap harinya di beberapa wilayah Vietnam. Maklum saja, sejak 1955 hingga 1975, terjadi Perang Vietnam antara Vietnam Selatan dan Vietnam Utara.

1983
Bill Gates memperkenalkan Microsoft Windows 1.0 yang merupakan versi pertama dari sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Meski diperkenalkan pada 1983, sistem operasi tersebut baru resmi diluncurkan pada 20 November 1985.

2009
Pemadaman listrik besar-besaran terjadi di Brasil dan Paraguay. Hal itu disebabkan hujan lebat dan angin kecang yang mengakibatkan pembangukit listrik di Bendungan Itaipu di antara Brasil dan Paraguay mengalami keruisakan. Pemadaman listrik itu dikabarkan telah memengaruhi sekitar 80 juta orang.