Viral Video Sandiaga Uno Langkahi Makam Pendiri NU

Calon wakil presiden Sandiaga Uno melakukan safari politik di Jawa Tengah. (Antara/Kutnadi)
10 November 2018 20:15 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Calon wakil presiden nomor urut 2 Sandiaga Uno kembali menjadi kontroversi. Dia terekam sedang melangkahi makam tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU), Kiai Haji (KH) Bisri Syansuri, di Jombang, Jawa Timur.

Momen tersebut menjadi viral setelah sebuah video berdurasi 15 detik beredar di media sosial. Video itu juga diunggah oleh Pengasuh Pondok Pesantren Asy-Syahadah, Karanganyar, Candra Malik. Saat itu, Candra me-mention akun @sandiuno untuk meminta klarifikasi kebenaran video itu.

"Benarkah Anda, Saudara @sandiuno telah melangkahi Maqbarah Kiai Bisri Syansuri di Denanyar, Jombang ketika berziarah? Mendiang adalah salah satu tokoh Islam yang ikut mendirikan Nahdlatul Oelama bersama Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari," kicau @candramalik menyertai unggahan video itu, Jumat (9/11/2018).

Dalam video itu, tampak Sandiaga Uno mengenakan baju putih lengan panjang, bersarung hijau, dan berpeci hitam, sedang berziarah ke makam tersebut. Seusai menabur bunga, Sandi terlihat melangkahi makam untuk menuju makam di sampingnya.

Di video itu tampak pula Prabowo Subianto yang ikut menabur bunga di makam. Namun, Prabowo mengambil jalan lain agar tidak melangkahi makam tersebut.

KH Bisri Syansuri (18 September 1886 – 25 April 1980) adalah ulama dan pendiri Pondok Pesantren Denanyar, Jombang, dan terkenal atas penguasaannya di bidang fikih agama Islam. Bisri juga merupakan kakek dari Abdurrahman Wahid (Gus Dur).