News
Rabu, 24 April 2024 - 17:09 WIB

UIN Walisongo Ziarah Wali dan Masayikh, Ini Tujuannya

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dalam rangka Dies Natalis ke-54, UIN Walisongo mengadakan Ziarah Wali dan Masayikh pada Selasa-Rabu (23-24/4/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SURABAYA-Dalam rangka Dies Natalis ke-54, rombongan UIN Walisongo mengadakan Ziarah Wali dan Masayikh pada Selasa-Rabu (23-24/4/2024). Kegiatan ini dibagi menjadi dua rombongan diikuti oleh pimpinan dan keluarga besar UIN Walisongo.

Rombongan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang melakukan ziarah ke KH Abdul Wahab Chasbullah salah satu pendiri Nahdlatul Ulama, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang merupakan Presiden keempat, Maulana Sayyid Djumadil Kubro yang merupakan Bapak Walisongo dan Raden Ahmad Rahmatullah atau yang dikenal sebagai Sunan Ampel. Rombongan ziarah ini dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Walisongo Prof.Dr. Mukhsin Jamil,M.Ag.

Advertisement

Sedangkan rombongan kedua ziarah wali dan Masayikh ke Raden Maulana Makdum Ibrahim atau Sunan Bonang, Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik, Sunan Giri dan Sunan Drajat dipimpin oleh Kepala Biro Administrasi, Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Walisongo yaitu H.M.Fattah,S.Ag.,M.Ed,.

“Ziarah wali dan. Masayikh ini untuk menguatkan basis kultural dari UIN Walisongo sekaligus bagian dari Dies natalis ke 54. Menyelenggarakan ziarah ke tokoh penting dalam konteks perkembangan Islam dan wali yang berjasa dalam menanamkan Islam secara damai dan bersanding dengan kebudayaan setempat,” ungkap Prof.Dr.Mukhsin Jamil,M.Ag.

“Selain itu melalui ziarah kita juga terus menguatkan pemangku budaya melalui pemangku makam Aulia yang berkontribusi besar bagi pengembangan wisata religi dan ekonomi masyarakat lokal. Ini menjadi lahan kajian penelitian dan diskusi pengabdian masyarakat yang baik. Tidak hanya aspek ritual ziarah tapi juga pengembangan akademik dalam situs penting perkembangan Islam Nusantara,” bebernya.

Advertisement

Ziarah  wali, masyayikh, dan ulama’ merupakan bagian dari agenda Dies Natalis UIN Walisongo dari tahun ke tahun. Melalui kegiatan ziarah ini diharapkan seluruh peserta memahami arti penting dari proses perkembangan Islam dalam pembentukan karakter bangsa. UIN Walisongo mendudukkan diri secara benar dalam konstelasi sosial dan kebudayaan Indonesia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif