Profesor Inggris Tuding Israel Dalangi Serangan 9/11

Profesor Kees van der Pijl dari Sussex University, Inggris. (The Independent)
09 November 2018 07:00 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, LONDON Serangan yang terjadi pada 11 September 2001 di gedung World Trade Center, New York, Amerika Serikat, menyisakan sejuta misteri. Peristiwa 9/11 yang didalangi kelompok militan Al Qaeda tersebut merenggut banyak korban.

Seorang profesor asal Sussex University, Inggris, Kees van der Pijl, mengklaim Israel sebagai otak serangan 9/11. Dalam laporan The Independent, Rabu (7/11/2018), Sussex University sedang menyelidiki dasar pernyataan Kees van der Pijl.

Dalam kicauannya, Profesor Kees van der Pijl membagikan artikel ke platform teori konspirasi Wiki Spooks yang menuding pemerintah Israel mengatur serangan 11 September 2001. Israel kabarnya melakukan serangan tersebut atas bantuan Zionis di pemerintah Amerika Serikat.

Menyadari kicauannya menimbulkan beragam reaksi, Profesor Kees van der Pijl langsung menghapusnya. Akibat kicauan tersebut, kini Profesor Kees van der Pijl berhadapan dengan masalah hukum. Pihak Sussex University tengah melakukan penyelidikan dan belum mengambil tindakan apapun sebagai sanksi kepada profesor yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Departemen Hubungan Internasional kampus.

Dikutip dari Daily Mail, Profesor Kees van der Pijl saat ini tinggal di Amsterdam, Belanda. Pada 2012 lalu, dia mendapat gelar kehormatan yang membuatnya tetap disebut sebagai profesor. Selama mengabdi di Sussex University, dia menerima berbagai penghargaan atas kontribusinya yang luar biasa di bidang keilmuan.