Terjerat di Saudi, Rizieq Shihab Dipastikan Dapat Perlindungan Hukum Pemerintah

Foto Rizieq Shihab bersama polisi Arab Saudi yang beredar di media sosial. (Twitter - @beritaA1)
08 November 2018 16:00 WIB Newswire Internasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Armanatha Nasir memastikan Rizieq Shihab mendapatkan perlindungan hukum dan kekonsuleran dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah.

Perlindungan hukum ini diberikan terkait tindakan penangkapan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) oleh kepolisian Arab Saudi karena bendera hitam yang terpampang di tempat tinggalnya. Bendera dengan tulisan kalimat tauhid itu dinilai identik dengan simbol Hizbut Tahrir atau kelompok pendukung khilafah.

Menurutnya, Rizieq masih berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) sehingga pemerintah Indonesia wajib memberikan bantuan hukum kepada Rizieq saat berada di luar negeri.

"Apabila ada WNI menghadapi masalah hukum tentu kami memberikan bantuan pendampingan dan kekonsuleran sesuai dengan hukum berlaku di sana, hal yang sama juga dilakukan terhadap Rizieq," kata Armanatha saat ditemui di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (8/11/2018).

Armanatha menjelaskan, Kementerian Luar Negeri telah mengutus KJRI di Arab Saudi untuk segera melakukan konfirmasi perihal kabar penahanan Rizieq Shihab. Setelah itu, perlindungan hukum itu langsung diberikan oleh KJRI kepada Rizieq.

"Setelah terkonfirmasi darj KJRI, maka diberikan bantuan dan kekonsuleran untukmemastikan hak hukum terlindungi. Itu sudah diberikan kepada Rizieq maupun yang lainnya" ungkap Armanatha.

Diketahui, Rizieq Shihab sempat ditahan selama sehari di kantor kepolisian karena diduga memasang bendera yang identik dengan gerakan ekstremis. Setelah dilakukan pemeriksaan, polisi setempat akhirnya kembali melepas Rizieq. Pemulangan Rizieq Shihab itu dilakukan setelah kepolisian Saudi mendapatkan jaminan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) pada Selasa (6/11/2018) malam.

Sumber : Suara.com