Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 8 November 1923, Adolf Hitler Gagal Gulingkan Pemerintahan Weimar

Adolf Hitler. (Snopes.com)
08 November 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 8 November. Salah satu peristiwa bersejarah pada 8 November adalah kala Adolf Hitler gagal menggulingkan pemerintahan Republik Weimar.

Selain itu, ada berbagai kejadian lain pada 8 November yang layak dikenang. Demi mengenangnya, berikut Solopos.com merangkum beberapa peristiwa dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 8 November, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

960
Pasukan Kekaisaran Bizantium pimpinan Leo Phokas berhasil mengalahkan pasukan Dinasti Hamdanid yang dipimpin Sayf Al-Dawla di Andrassos, Yunani. Pertempuran itu pecah setelah pasukan Bizantium menginvasi wilayah Andrassos yang merupakan kekuasaan Hamdanid. Kemenangan itu merupakan yang pertama diraih pasukan Kekaisaran Bizantium setalah berkali-kali kalah dari pasukan Dinasti Hamdanid dalam beberapa pertempuran sebelumnya.

1520
Setelah berhasil menginvasi wilayah Swedia, pasukan Denmark pimpinan Raja Kristian II mengeksekusi mati sekitar 100 orang di Stockholm. Orang yang dieksekusi mati itu kebanyakan adalah bangsawan dan pendeta. Peristiwa itu kini dikenang dengan nama Pertumpahan Darah Stockholm.

1620
Hanya dalam waktu dua jam, pasukan Kekaisaran Romawi Suci dan aliansinya berhasil mengalahkan pasukan pemberontak di Kerajaan Bohemia dalam Pertempuran Gunung Putih di Bila Hora, dekat Praha, Bohemia atau kini Ceko. Kemenangan itu sekaligus mengakhiri pemberontakan di Bohemia yang berlangsung sejak 1618.

Kaisar Dinasti Qing, Shunzhi. (Wikimedia.org)

1643
Shunzhi secara resmi dinobatkan sebagai Kaisar Dinasti Qing. Shunzhi lantas menjadi kaisar pertama dari Dinasti Qing yang berhasil menguasai seluruh wilayah Tiongkok. Ia kemudian bertakhta di Beijing setelah runtuhnya Dinasti Ming.

1923
Adolf Hitler memimpin beberapa orang anggota Partai Sosialis Nasional atau yang lantas dikenal sebagai Partai Nazi di Munchen, untuk menggulingkan pemerintahan Republik Weimar. Namun upaya tersebut gagal dan Hitler ditangkap serta markas partai tersebut digerebek. Surat kabar milik Partai Nazi, Volkischer Beobachter, juga dilarang beredar.

1940
Pertempuran Elaia–Kalamas antara Italia dan Yunani di Epirus, Yunani berakhir dengan kemenangan Yunani. Pasukan Yunani berhasil mengalahkan pasukan Italia dalam waktu tujuh hari meskipun kalah jumlah. Atas hasil itu, Italia gagal menginvasi wilayah Yunani.

1940
Orang-orang yang tinggal di terowongan bawah tanah di London, Inggris mengirimkan permintaan kepada pemerintah agar memberikan selimut sebagai penghangat. Terowongan bawah tanah menjadi tempat berlindung bagi warga di London saat Jerman membombardir kota tersebut.

1950
Di masa Perang Korea, tentara Amerika Serikat (AS) Russell J. Brown yang mengendalikan pesawat F-80 Shooting Star berhasil menembak jatuh dua pesawat MIG-15s milik Korea Utara (Korut). Peristiwa itu merupakan pertempuran pertama antar-pesawat tempur bermesin jet.

Joseph John Cole. (101greatgoals.com)

1981
Joseph John Cole lahir di Paddington, London, Inggris. Namanya lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola profesional yang pernah membela beberapa klub besar di Inggris, yakni West Ham United, Cheslea, dan Liverpool. Kini, di usia 37 tahun, Cole masih aktif sebagai pemain sepak bola profesional dengan membela salah satu klub di Amerika Serikat (AS), Tampa Bay Rowdies.

2004
Setelah pasukan Amerika Serikat (AS) melakukan beberapa serangan ke markas kelompok pemberontak di Fallujah, Irak, sekitar 10.000 tentara AS dan beberapa tentara Irak mengepung Fallujah demi mengalahkan pasukan pemberontak. Pengepungan itu memicu Pertempuran Fallujah II yang berlangsung lebih dari sebulan dan berkahir dengan kemenangan AS.