Arab Saudi, Malaysia, dan Brunei Termasuk 10 Negara Tak Ramah Ateis

Ilustrasi bendera Arab Saudi (Reuters)
06 November 2018 19:05 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, RIYADH -- Arab Saudi, Iran, Maldives, Malaysia, hingga Brunei Darussalam menjadi negara terburuk di dunia bagi kaum ateis. Fakta tersebut dikemukakan dalam laporan yang dirangkum International Humanist and Ethical Union (IHEU), Senin (29/10/2018), di depan Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa.

Dikutip dari The Journal, IHEU mengeluarkan laporan tahunan yang memperlihatkan bentuk diskriminasi kaum ateis di sejumlah negara. Pada 2018, Arab Saudi dianggap sebagai negara terburuk untuk dihuni kaum ateis. Sebab, undang-undang Arab Saudi pada 2014 menyamakan kaum yang tidak beragama dengan teroris.

Posisi selanjutnya negara yang dianggap tidak aman bagi kaum ateis adalah Iran, Afghanistan, Maldievs, Pakistan, Uni Emirat Arab, serta Mauritania. Negara tetangga Indonesia, Malaysia berada di urutan kedelapan, disusul Sudan, dan Brunei Darussalam yang berada di urutan kesepuluh.

Presiden IHEU, Andrew Copson, mengatakan, ini merupakan kali pertama pihaknya menunjukkan laporan hasil penelitian ke mata dunia.

"Ini adalah kali pertama kami memperlihatkan dan meyakinkan penduduk dunia tntang diskriminasi yang dialami mereka yang tidak beragama. Laporan ini menunjukkan gambaran yang suram terkait terjadinya diskrimimasi terhadap kaum ateis," ungkap Andrew Copson.

Sementara itu, negara paling aman atau bersahabat bagi para ateis adalah Belgia, Belanda, Taiwan, Nauru, dan Jerman. Posisi selanjutnya diisi Jepang, Norwegia, serta Amerika Serikat.

Para peneliti dari IHEU memandang Taiwan mengakui banyak agama dengan tetap memberikan jaminan keamanan kepada mereka yang tidak beragama.