Ngeles Utang, Mahasiswa AS Kabur ke Hutan di India

Ilustrasi hutan (Odditycentral)
06 November 2018 07:10 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Seorang pria Amerika Serikat bernama 29 tahun memutuskan meninggalkan rumahnya dan pindah ke hutan terpencil di India. Pria bernama Chad Haag terpaksa mengasingkan diri karena dikejar utang.

Dikutip dari Oddity Central, Senin (5/11/2018), Chad Haag memiliki utang untuk membiayai kuliahnya. Dia berjuang keras untuk mendapatkan pekerjaan. Namun, jadwal kuliah yang begitu padat membuatnya harus merelakan pekerjaan tersebut.

Akhirnya, Chad Haag memilih mengungsi ke India untuk menyelamatkan diri dari kejaran utang. Kini, dia tinggal di rumah kontrakan di Desa Uchakkada, India dengan biaya sewa sekitar Rp750.000 per bulan. Dia melakukan hal itu untuk menghindari si penagih yang terus memintanya membayar utang sebesar Rp300 juta.

Sebelum memutuskan tinggal di India, Chad Haag sempat berpikiran hendak menetap di gua. Dia khawatir keberadaannya bisa terlacak oleh si penagih utang. Kini, dia merasa lebih tenang karena bisa terbebas dari kejaran utang.

"Saya punya kebutuhan yang banyak saat tinggal di Amerika Serikat. Apalagi saya harus dibuat pusing dengan utang. Saya benar-benar tidak bisa mengelola keuangan dengan dengan baik di sana," kata Chad Haag.

Sejumlah pengamat ekonomi mengatakan, pindah ke negara lain untuk menghindari utang bukanlah cara yang bijak. Sebab, jumlah utang bakal terus menumpuk karena tingginya suku bunga. Jadi, sebaiknya pikirkan risikonya terlebih dahulu sebelum mengajukan utang di Amerika Serikat.