Kabar Duka: Bambang Trenchem Drummer Band Kesukaan Jokowi Meninggal Dunia

Bambang Suwarno, personel grup band Trenchem. (Istimewa)
06 November 2018 00:35 WIB Jafar Sodiq/Tri Rahayu/Adib M. Asfar Nasional Share :

Solopos.com, SOLO - Bambang Suwarno, 86, drummer grup musik lawas Trenchem meninggal dunia Senin (5/11/2018) pukul 21.30 WIB. Kabar ini disampaikan Ari Headbang yang merupakan rekan Bambang Suwarno alias Bambang Trenchem.

"Sudah sepuh," kata Ari saat ditanya mengenai penyebab meninggalnya Bambang Trenchem. 

Kabar meninggalnya Bambang Trenchem juga dikonfirmasi adiknya, Bambang Sudarno, 73. Saat dihubungi Solopos.com lewat samhungan telepon, Senin (5/11/2018), adik kandung Bambang Trenchem ini mengatakan kakaknya meninggal di Kleben, Gedongan, Colomadu, Karanganyar. 

Senada dengan Ari, Sudarno menyebut usia menjadi faktor meninggalnya Bambang Trenchem. Lebih lanjut Sudarno mengatakan Bambang Trenchem sempat dirawat di Rumah Sakit Moewardi, Solo, dalam sepekan. "Seminggu udah dibawa ke rumah sakit, [selanjutnya] terus dirawat di rumah," katanya.

Menariknya, Sudarno mengungkap kakaknya masih aktif menabuh drum meski dalam keadaan sepuh. "Dalam sakitnya masih ngedram terus," kata Sudarno.

Rencananya, jenazah akan dimakamkan Selasa (12/6/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.  "Tempat pemakaman Kota Barat, Badran," sambung Sudarno.

Kisah Tragis

Bambang Suwarno sempat mengalami kisah tragis kala namanya tak lagi dikenal. Bahkan, ia sempat dikira gelandangan kala ditemukan anggota Polsek Ngrampal, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah (Jateng), Senin (13/8/2018) lalu.

Group Trenchem terkenal dengan aksi panggung yang ekstrem. Mereka kerap kali tampil bersama ular, api, dan peti mati. Pada salah satu pertunjukannya di Malang, Jawa Timur (Jatim), Trenchem membawakan suguhan lagu berjudul Into The Fire dari grup musik Deep Purple yang dibawakan dengan versi Bernard sang vokalis.

Sang vokalis pun muncul dengan keadaan kepala terbakar. Api itu terus berkobar hingga akhir pertunjukan dan ditutup dengan adegan bunuh diri Bernard yang dimasukkan ke dalam peti mati dengan diiringi lagu dari Rolling Stone bertajuk Coming Down Again.

Dikutip dari Discogz.com, Trenchem merupakan grup musik beraliran psychedelic rock yang dibentuk pada 1959. Mereka meluncurkan album pada 1969 namun bubar pada 1975.

Dari satu album tersebut, terdapat sembilan lagu. Kesembilan lagu itu adalah Hanya Untukmu, Cinta Pertama, Menangis, Cemburu, Salam Kenangan, Jaman Edan, Minggu Yang Lalu, Jeritan Cinta, dan Sayangku.