Tragedi Lion Air: Tim SAR Deteksi Bayak Potongan Tubuh di Kedalaman 250 Meter

Personel Basarnas melakukan penyelaman untuk mencari korban pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT-610 rute Jakarta-Pangkalpinang yang jatuh di laut utara Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10 - 2018). (Antara/H0/Basarnas)
04 November 2018 22:10 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA - Tim SAR gabungan melihat banyak potongan tubuh korban jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 yang masih berada di dasar laut. Hal itu terekam lewat Remotely Operated Vehicle (ROV). ROV merupakan alat canggih berupa kamera bawah laut yang dikendalikan dari jarak jauh dengan output video.

"Tadi kami melihat di area sekitar 250 meter pencarian masih banyak bagian tubuh jenazah yang ada di bawah. Kami lihat itu setelah mengerahkan ROV," ujar Kepala Deputi Bidang Operasi Basarnas Nugroho Budi Wiryanto dalam konferensi pers di dermaga JICT II Tanjung Priok Jakarta, dilansir Antara, Minggu (4/11/2018).

Nugroho menuturkan pihaknya esok fokus evakuasi di radius 250 meter untuk mencari korban. Setelahnya, tim SAR baru berupaya mencari Cockpit Voice Recorder (CVR) yang hingga kini masih misteri. "Besok kita fokuskan di radius 250 meter. Kita konsentrasi pada korban setelah itu baru CVR," imbuhnya.

"Area evakuasi akan fokus ke arah 250 meter itu, kami akan konsentrasi pada korban. Setelah itu baru fokus ke pencarian CVR," katanya menerangkan.

Sedangkan bagian kotak hitam lainnya, yaitu Flight Data Recorder (FDR), sudah berhasil ditemukan pada hari Kamis dan telah diserahkan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi.

Dalam pencarian di hari Minggu, Nugroho beserta Kepala Basarnas Muhammad Syaugi juga melakukan pemantauan langsung di lokasi pencarian guna memastikan operasi berjalan dengan lancar dan terkoordinir.

Sebanyak 33 kantong jenazah juga berhasil dikumpulkan tim SAR gabungan dalam operasi hari ini, dan semuanya telah diantar ke posko terpadu di dermaga JICT II. Jumlah itu menambah pengumpulan hingga hari ke tujuh evakuasi menjadi 138 kantong jenazah.

Sumber : Okezone