Tim Panduan Suara Harumkan Nama Indonesia di Kompetisi Internasional

Ilustrasi medali (Times Higher Education)
04 November 2018 17:00 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA – Tim paduan suara Indonesia kembali membuat harum nama bangsa. Swara Darmagita dari Universitas Gunadarma Jakarta, salah satu dari empat tim lainnya yang berasal dari Indonesia, menjadi juara umum pada kompetisi Paduan Suara Internasional Praga Cantat di Praha, Ceko pada Jumat-Sabtu (2-3/11/2018).

Kabar bahagia itu disampaikan dalam keterangan pers dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Praha yang diterima Antara di Jakarta, Minggu (4/11/2018).

Tim Universitas Gunadarma memenangkan Grand Prix, sebagai penanda juara umum, pada putaran final Praga Cantat mengalahkan lima tim lainnya yang juga masuk ke putaran final. Pada penampilan putaran final, Paduan Suara Universitas Gunadarma menampilkan lagu Hela Rotane dan Bungong Jeumpa.

Tidak hanya memenangkan Grand Prix sebagai penanda juara umum, Paduan Suara Univesitas Gunadarma juga memenangi kategori Folklor, medali emas untuk kategori mixed choir, dan juga mendapat penghargaan khusus untuk interpretasi lagu wajib Deus ex Machina gubahan Jakub Neske.

Di samping paduan suara Universitas Gunadarma, tiga tim paduan suara lainnya dari Indonesia turut serta dalam kompetisi Praga Cantat tersebut, yaitu Paduan Suara Satya Dharma Gita dari Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Paduan Suara Universitas Pancasila, dan Yamuger Music School Children's Choir.

Keempat tim paduan suara Indonesia juga mendominasi kompetisi dengan memenangkan sejumlah medali di sebagian besar kategori yang dipertandingkan.

Padua suara fakultas hukum Universitas Diponegoro mendapatkan tiga medali emas pada kategori folklor, youth choir, female choir. Selain itu, Padua suara fakultas hukum Universitas Diponegoro juga mendapat penghargaan khusus untuk interpretasi lagu rakyat dan penghargaan khusus interpretasi lagu.

Paduan suara Universitas Pancasila memperoleh medali emas pada kategori youth choir, medali perak pada kategori folklore, dan penghargaan khusus untuk interpretasi lagu Canticum novum gubahan Ivo Antogini.

Sementara Yamuger Music School Children's Choir, yang beranggotakan anak-anak usia 8-15 tahun, mendapatkan medali dan penghargaan pada berbagai kategori, yaitu medali perunggu pada kategori youth choir, dan penghargaan khusus pada kategori ekspresi paling simpatik.

Dubes RI untuk Ceko, Aulia Rachman, mengatakan prestasi yang ditorehkan oleh Paduan Suara Universitas Gunadarma dengan menjadi juara utama, dan juga prestasi tim paduan suara lainnya dari Indonesia, semakin mengukuhkan Indonesia sebagai jawara paduan suara di Ceko.

Praga Cantat merupakan kompetisi paduan suara internasional yang diselenggarakan setiap tahun di Praha. Penyelenggaraan Praga Cantat pada tahun ini adalah yang ke-31 dan diikuti oleh 28 kelompok dari 13 negara.

Sumber : Antara