Ditahan KPK, Taufik Kurniawan Bicara Rekayasa Manusia

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan (kiri) mendatangi Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan, Jum'at (2/11 - 2018). (Antara / Indrianto Eko Suwarso)
02 November 2018 19:31 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Ditahan oleh KPK, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menganggap ada upaya rekayasa. Taufik Kurniawan terlihat langsung mengenakan rompi tahanan KPK berwarna oranye setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus suap.

Meski sudah ditahan, politikus PAN itu tampak masih menampakkan gesture santai setelah keluar Gedung KPK sekitar pukul 18.50 WIB. Terkait penahanan itu, Taufik mengaku hanya takluk kepada rekayasa yang diturunkan oleh Allah SWT.

"Secanggih-canggihnya rekayasa manusia, rekayasa Allah lah yang lebih sempurna," kata Taufik di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (2/11/2018).

Taufik Kurniawan menyebut juga akan menghormati sejumlah proses hukum atas penetapannya sebagai tersangka terkait suap dana alokasi Dana Alokasi Khusus di Kabupaten Kebumen anggaran tahun 201 yang ditangani KPK. "Apapun proses hukum yang ada di KPK akan saya ikuti," ujar Taufik

Sebelumnya, KPK resmi menetapkan Taufik sebagai tersangka pada Selasa (30/10/2018) lalu. Taufik diduga menerima uang Rp3,65 milar yang berasal dari anggaran DAK yang bersumber dari dana APBD tahun anggaran 2016 senilai Rp100 miliar.

Terpidana Bupati Kebumen Muhammad Yahya Fuad diduga melakukan pendekatan kepada sejumlah pihak termasuk anggota DPR, salah satunya Taufik Kurniawan. KPK menduga Muhammad Yahya Fuad menyanggupi memberikan fee 5 persen kepada Taufik Kurniawan. Selain itu Taufik Kurniawan juga dijanjikan menerika fee 7 persen dari rekanan di Kebumen.

Atas perbuatannya, Taufik Kurniawan disangkakan melanggar pasal 12 huruf a atau pasal 12 huruf b atau pasal 11 UU No 31/1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No 20/2001.

Sumber : Suara.com