India Resmikan Patung Tertinggi Saingan Liberty

Statue of Unity di India (Livermint)
01 November 2018 18:10 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, NEW DELHI Pemerintah India meresmikan patung tertinggi di dunia, Statue of Unity, yang menuai kontroversi, Rabu (31/10/2018). Patung setinggi 182 meter replika pejuang Sardar Vallabbhai Patel di Gujarat tersebut diresmikan langsung oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Dilansir The Guardian, Sardar Vallabbhai Patel merupakan seorang pemimpin kemerdekaan India. Patel pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri pertama India setelah berakhirnya pemerintahan kolonial Inggris pada 1947.

Pertunjukan kembang api dan tarian tradisional mewarnai peresmian patung yang disebut-sebut menyaingi Patung Liberty tersebut. Seperti diketahui, Patung Liberty yang berada di New York Amerika Serikat tingginya sekitar 93 meter. Sementara Statue of Unity tingginya 182 meter sengaja dibangun untuk mengenang jasa Sardar Vallabbhai Patel.

"Patel ingin India menjadi negara yang kuat dan mandiri. Kami akan terus mengingat pesannya dan berusaha mewujudkan hal itu," kata Perdana Menteri Narendra Modi dalam pidato peresmiannya.

Narendra Modi memerintahkan Statue of Unity dibangun di dekat Sungai Narmada ketika menjabar sebagai Menteri Kepala Gujarat. Patel merupakan tokoh penting yang ikut mempersatukan India. Dana pembangunan patung itu berasal dari pemerintah dan perusahaan yang dikelola negara.

Patung Patel dibuat mengenakan pakaian tradisional India dengan selendang di bagian bahu. Pembangunan patung tersebut menghabiskan 210.000 meter kubik semen, 25.000 ton baja, dan 1.700 ton perunggu,