Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 1 November 1897, Juventus Didirikan

Logo Juventus yang dipakai saat ini. (Juvefc.com)
01 November 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Berbagai peristiwa bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 28 Oktober. Salah satunya adalah dibentuknya klub sepak bola di Italia bernama Juventus.

Selain itu, ada beberapa kejadian penting lainnya yang layak dikenang pada 28 Oktober. Demi mengenangnya, simak rangkuman Solopos.com tentang catatan persitiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Gustaaf Willem Baron Van Imhoff. (Wikimedia.org)

1750
Gubernur-Jenderal ke-27 Hindia Belanda, Gustaaf Willem Baron Van Imhoff, meninggal dunia di Batavia atau kini Jakarta pada usia 45 tahun. Sebelum meninggal Gustaaf telah mengatur pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia selama tujuh tahun. Semasa hidupnya, dia sempat mendukung Pangeran Mangkubumi dalam melawan Susuhunan Pukubuwana II, hingga mencetuskan Perang Tahta Jawa III yang berlangsung dari 1748 hingga 1757). Perang ini mengakibatkan perpecahan Kerajaan Mataram Baru menjadi Surakarta dan Yogyakarta.

1821
Panama lepas dari cengkeraman Spanyol dan bergabung dengan Gran Colombia. Panama baru benar-benar merdeka sebagai negara yang beridir sendiri pada 3 November 1903.

1897
Klub sepak bola top asal Italia, Juventus, didirikan. Di awal pembentukan, klub tersebut beranggotakan sekelompok siswa dari Kota Turin, Piedmont, Italia, dan dipimpin Eugenio Canfari bersama saudaranya, Enrico. Kini, Juventus dikenal sebagai klub sepak bola paling sukses di Italia.

1918
Setelah kalah dalam Perang Dunia I, Kerajaan Austria-Hungaria bubar. Kerajaan tersebut akhirnya sepakat berpisah dan mendirikan negara masing-masing. Sebelum bubar, kerajaan yang dibentuk pada 1867 itu merupakan salah satu kekuatan terbesar di Eropa.

1937
Sudarwati dilahirkan di Tanjung, Tabalong, Kalimantan Selatan, Hindia Belanda atau kini Indonesia. Namanya lantas dikenal luas sebagai penyanyi dengan nama panggung Titiek Puspa. Perempuan yang dikenal sebagai penyanyi itu kemudian merambah ke dunia akting. Sepanjang kariernya, ia telah menelurkan berbagai karya dan menyabet penghargaan bergengsi.

1961
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendesak Amerika Serikat melakukan moratorium uji coba nuklir. Namun, saat itu pemerintah AS menolak lantaran telah merencanakan uji coba nuklir unruk menghadapi serangan dari Uni Soviet.

1966
Pasukan Vietnam Utara mulai melancarkan serangan ke Kota Saigon, Vietnam Selatan, untuk membuat warga sipil ketakutan. Serangan itu sukses membuat panik dan melukai puluhan penduduk.

Nelson Mandela. (History.com)

2006
Presiden berkulit hitam pertama di Afrika Selatan, Nelson Mandela, diberi gelar sebagai Duta Hati Nurani oleh Amnesty Internasional. Penghargaan itu diberikan lantaran Mandela dianggap memberikan kontribusi besar di bidang hak asasi manusia.

2007
Paul Warfield Tibbets, pilot Amerika Serikat (AS) yang menjatuhkan bom atom di Hiroshima, Jepang, 6 Agustus 1945, meninggal dalam usia 92 tahun. Bom yang dijatuhkan Tibbets kala itu menewaskan 140.000 orang di Jepang. Berkat bom itu, Tibbets yang merupakan pasukan Angkatan Udara AS naik pangkat dari kolonel menjadi brigadir pada 1959. Dia pernah mengaku tak menyesal melakukan pengeboman itu.