Ada Bayi Selamat dari Tragedi Lion Air JT-610? Ini Faktanya!

Foto bayi yang dikabarkan merupakan korban selamat dari tragedi Lion Air JT/610. (Twitter/Sutopo_PN)
30 Oktober 2018 14:00 WIB Ginanjar Saputra Nasional Share :

Solopos.com, SOLO — Tragedi jatuhnya pesawat Lion Air JT-10 di perairan Tanjung, Karawang, Jawa Barat (Jabar) justru memunculkan kabar burung yang simpang siur kebenarannya. Terbaru, beredar foto bayi menangis yang dinyatakan sebagai salah satu penumpang Lion Air JT-610 yang selamat.

Kabar burung itu kemudian memicu Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPN), Sutopo Purwo Nugroho, angkat bicara.

"Banyak postingan foto di media sosial bahwa ada bayi penumpang pesawat JT-610 yang selamat," kicau Sutopo melalui akun Twitternya, Sutopo_PN, Selasa (30/10/2018).

Sutopo menjelaskan bayi pada foto tersebut bukan merupakan penumpang Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Tanjung, Karawang, melainkan penumpang yang selamat dari tragedi tenggelamnya KM Lestari Maju di perairan Kabupaten Selayar. "Foto bayi ini adalah bayi yang selamat dari tenggelamnya kapal KM Lestari Maju, di Perairan Selayar, pada Selasa (3/7/2018)," jelas pria 49 tahun tersebut.

Sutopo berharap tragedi jatuhnya Lion Air JT-610 tak diwarnai dengan kemunculan hoaks atau kabar bohong dari pihak-pihak tak bertanggung jawab. "Jadi info tersebut adalah hoaks. Jangan menyebarkan hoaks," tandasnya.

Pesawat Lion AIr Jt-610 mengalami kecelakaan dan jatuh di perairan Tanjung, Karawang, Jabar, Senin (29/10/2018) pagi. Pesawat tersebut mengangkut total 189 orang, termasuk penumpang dan kru pesawat.