Bisnis
Selasa, 19 Maret 2024 - 15:27 WIB

Simak Syarat dan Cara Daftar Mudik Motor Gratis 2024

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - PT KAI Daop 6 Yogyakarta mendukung program angkutan Motor Gratis (Motis) yang kembali digelar Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub. (Istimewa/KAI)

Solopos.com, SOLO–PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daop 6 Yogyakarta mendukung program angkutan Motor Gratis (Motis) yang kembali digelar oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, menguraikan Motis merupakan program tahunan pemerintah melalui Kemenhub untuk masyarakat yang mudik dan membawa sepeda motor. Sepeda motor tersebut diangkut secara gratis menggunakan kereta api.

Advertisement

Krisbiyantoro menguraikan program Motis ini bermaksud menekan jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran. Oleh sebab itu, diharapkan tingkat keselamatan meningkat.

“Adapun tujuan diselenggarakannya program Motis ini supaya jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran dapat ditekan,” terang Krisbiyantoro dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Selasa (19/3/2024).

Advertisement

“Adapun tujuan diselenggarakannya program Motis ini supaya jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran dapat ditekan,” terang Krisbiyantoro dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Selasa (19/3/2024).

Pendaftaran program Motis 2024 dimulai sejak 4 Maret 2024 hingga 18 April 2024 melalui laman mudikgratis.dephub.go.id. Ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan untuk mendaftar program Motis 2024.

Masyarakat harus menyiapkan kartu tanda penduduk (KTP), surat izin mengemudi (SIM), kartu keluarga (KK), dan surat tanda kendaraan bermotor (STNK).

Advertisement

“Motis 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 2-8 April 2024 untuk angkutan arus mudik. Sementara layanan Motis 2024 untuk angkutan arus balik akan diselenggarakan pada 13-19 April 2024,” ujar Krisbiyantoro.

Dia menguraikan masyarakat memiliki kesempatan untuk membeli dua tiket penumpang dengan tarif Rp0 untuk angkutan motor. Serta hanya Rp10.000 hingga Rp20.000 untuk tarif penumpang.

KAI sebagai BUMN operator perkeretaapian mendukung penuh program Motis ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa motornya ke kampung halaman.

Advertisement

Pihaknya mengaku siap turut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan Motis.

“Dengan menggunakan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi, serta meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2024 ini,” kata dia.

DJKA Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan Motis dengan pelayanan KA public service obligation (PSO) yang akan melayani tiga lintas pelayanan yaitu:

Advertisement

– Lintas Utara (PP): Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang.

– Lintas Tengah (PP): Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo.

– Lintas Selatan (PP): Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif