Soloraya
Selasa, 16 April 2024 - 13:14 WIB

Sejumlah Figur Daftar PDIP untuk Pilkada Solo, Gibran: Makin Banyak Makin Bagus

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wali Kota sekaligus calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka menyatakan banyaknya figur daftar di PDIP untuk Pilkada Solo 2024, (Istimewa/Humas Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO– Wali Kota Solo sekaligus Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menyebut PDIP merupakan partai favorit di Solo. Semakin banyak tokoh yang mendaftar calon wali kota dan calon wakil wali kota (cawali-cawawali) semakin bagus.

Hal itu disampaikan Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (16/4/2024), seusai melaksanakan halalbihalal. “Banyak tokoh mendaftar juga, bagus, makin banyak pilihan semakin bagus,” jelas dia.

Advertisement

Sementara itu, Gibran tidak banyak komentar mengenai pendaftaran sebagai calon kepala daerah melalui PDIP di Sumatra Utara. Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto menjelaskan semua boleh mendaftar kecuali Bobby Nasution.

“Gak apa-apa, tenang saja. Tanya ke Bobby saja ya,” jelas Gibran.

Advertisement

“Gak apa-apa, tenang saja. Tanya ke Bobby saja ya,” jelas Gibran.

Terpisah, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menyebut PDIP masih seksi sebagai kendaraan politik untuk Pilkada Solo 2024. Hal itu diungkapkan Teguh setelah adanya sejumlah orang sudah mengambil berkas pendaftaran sebagai cawali-cawawali di Sekretariat DPC PDIP Solo hingga Senin (16/4/2024).

Mereka adalah pengacara yang juga aktivis budaya Kota Solo, B.R.M. Kusumo Putro, pengusaha tekstil Rudy Indijarto Sugiharto, anggota DPRD Kota Solo 2019-2024 dari Fraksi PDIP Ginda Ferachtriawan, dan rekannya sesama legislator dari PDIP, Wawanto.

Advertisement

Teguh menjelaskan akan mengambil berkas pendaftaran sebagai calon cawali-cawawali di Sekretariat DPC PDIP Solo dua hingga tiga hari ke depan. Teguh belum mengambil berkas sejauh ini sebab masih disibukkan dengan kegiatan Lebaran 2024.

“Kami keliling Kota Solo, menjaga Solo, memastikan pemudik kembali ke tempatnya masing-masing. Ruang terbuka di Solo hampir setiap malam ramai wisatawan, kami bersiaga,” ujar dia.

Teguh mengatakan sudah dihubungi tim penjaringan DPC PDIP Kota Solo. Salah satu pertimbangnnya adalah elektabilitas Teguh terkuat di Kota Solo.

Advertisement

“Kami melihat aturan DPP seperti apa, kami petugas partai, lahir dari partai, maka taat pada partai menjadi pedoman. Kami dalam rangka pilkada ini keberlanjutan pembangunan, apapun keputusan DPP PDIP akan jadi kebijakan partai,” ungkap dia.

Menurut dia, PDIP mempertimbangkan figur internal partai dan eksternal. Nantinya akan terjaring bakal cawali dan cawawali dari PDIP.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif