Soloraya
Selasa, 19 Maret 2024 - 13:27 WIB

Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo Gelar Sederet Kegiatan Ramadan 1445 H

Redaksi Solopos.com  /  Kaled Hasby Ashshidiqy  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo. (Istimewa/Instagram)

Solopos.com, SUKOHARJO – Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo mengadakan berbagai kegiatan untuk mengisi Bulan Ramadan 1445 H/2024  ini. Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh muslim mulai dari anak kecil, remaja, hingga dewasa.

Terletak di daerah yang strategis, Masjid Agung Baiturrahman beralamat di Jl. Slamet Riyadi, Johosari, Desa Joho, Kecamatan Sukoharjo, Sukoharjo. Masjid ini juga menjadi salah satu destinasi wisata religi dan menjadi ikon di Kabupaten Jamu, Sukoharjo.

Advertisement

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Masjid Agung, Ngatiman, menjelaskan pada Ramadan tahun ini ada banyak kegiatan yang digelar sama seperti tahun sebelumnya. Ada juga beberapa kegiatan yang baru dilaksanakan tahun ini.

“Kegiatan di Masjid Agung Sukoharjo banyak. Ini juga kegiatan tahunan, kecuali lomba dai dan dialog remaja, itu baru mau kita laksanakan tahun ini,” katanya kepada Solopos.com, Senin (18/3/2024).

Advertisement

“Kegiatan di Masjid Agung Sukoharjo banyak. Ini juga kegiatan tahunan, kecuali lomba dai dan dialog remaja, itu baru mau kita laksanakan tahun ini,” katanya kepada Solopos.com, Senin (18/3/2024).

Dia berharap dengan adanya kegiatan di Bulan Ramadan ini agar dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari jemaah. “Biar remaja menyukai masjid juga, karena selama ini remaja lebih suka HP daripada pergi ke masjid. Kalau mau ikut iktikaf bisa langsung pendaftaran juga.” sambungnya.

Agenda yang ada di Masjid Agung selama Bulan Ramadan ini adalah pengajian sore sebelum berbuka, TPQ Ceria, buka bersama, salat tarawih dengan imam para hafizul Qur’an dan imam dari Palestina, tadarus Al-Qur’an, lomba da’i pelajar, dialog Ramadan, iktikaf, santunan anak yatim dan duafa, zakat infak dan sedekah, FTK (Festival Takbir Keliling), dan khataman Al-Qur’an.

Advertisement

Syarat yang harus dipenuhi peserta iktikaf yaitu :

  1. Menyerahkan foto berwarna ukuran 3×4 atau lebih besar
  2. Laki-laki usia dibawah 17 tahun diawasi orang tua
  3. Fotocopy KTP/kartu identitas
  4. Mengisi formulir pendaftaran

Dengan memberikan infak pendaftaran sebesar Rp150.000, peserta akan mendapatkan fasilitas berupa makan sahur dan berbuka, jasa penatu dan jemuran, penginapan, parkir, program kegiatan ibadah, dan ustaz pembimbing.

Bagi Anda yang tertarik mengikuti iktikaf bersama di Masjid Agung Sukoharjo, Anda dapat mendaftar di sini dan melakukan konfirmasi pada 088225162793 (Drajat).

Advertisement

Selain itu, mulai 18 Maret-1 April 2024, Masjid Agung Sukoharjo membuka pendaftaran Festival Takbir Keliling dengan kuota dibatasi 15 kontingen dan berhadiah total Rp5 juta. Pendaftaran dapat dilakukan di sini dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp100.000.

Festival Takbir Keliling akan dilaksanakan pada 9 April 2024 dengan mengusung tema Gemilang Takbir, Warisan Budaya. Namun jika terdapat perbedaan pada saat Hari Raya Idul Fitri maka acara akan ditiadakan.

“Acara [Festival Takbir Keliling] akan ditiadakan apabila terjadi dua kali Idul Fitri, yaitu jika Muhammadiyah dengan pemerintah menggelar Idulfitri tidak bersamaan,” ungkap salah satu panitia, Dzaky.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif