China Berniat Luncurkan Bulan Buatan

Bulan (NASA)
20 Oktober 2018 02:00 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Bulan merupakan satelit alami yang menerangi Bumi di malam hari. Bulan berotasi pada Bumi yang dengan siklus tertentu. Bulan berputar mengelilingi Bumi atas kuasa Sang Pencipta alam semesta. Namun, baru-baru ini anggota tim dari pusat penelitian di China berupaya membuat bulan tiruan.

Ketua Institut Teknologi Sains dan Teknologi Sistem Mikroelektronika Chengdu (CASC), Wu Chungfeng, mengatakan, China akan meluncurkan satelit penerangan serupa Bulan dalam dua tahun ke depan. Bulan buatan rencananya dikirim ke luar angkasa pada 2020. Bulan buatan itu dirancang untuk menyinari langit Bumi di malam hari dengan cahaya yang diklaim delapan kali lebih terang dari Bulan asli.

Dikutip dari Oddity Central, Jumat (19/10/2018), belum diketahui pasti seberapa terang sinar dari Bulan buatan tersebut. Namun, Wu Chufeng mengatakan cahayanya lebih terang dari lampu jalan. Wu Chungfeng mengklaim teknologi Bulan buatan itu sudah diuji coba sejak tahun lalu. Sayangnya, dia tidak menjelaskan apakah rencana tersebut mendapat dukungan dari pemerintah atau tidak.

"Tingkat terangnya cahaya dan waktunya untuk bersinar Bulan buatan itu dapat disesuaikan. Akurasi pencahayaannya dapat dikontrol dalam radius puluhan meter. Jadi, nantinya Bulan buatan itu dapat dipakai untuk menerangi langit kota tanpa menggunakan lampu jalan," kata Wu Chungfeng.