Isu UGM Ancam DO Panitia Seminar, Sudirman Said Mengaku Sedih

Sudirman Said. (Instagram/sudirmansa1d)
14 Oktober 2018 15:01 WIB Jaffry Prabu Prakoso Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said membenarkan mendapat undangan untuk mengisi seminar di Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada, Jumat (12/102018).

Namun, tanpa alasan jelas,  pihak kampus  membatalkan seminar bertajuk Kepemimpinan Era Milenial yang juga rencananya dihadiri  sesama bekas menteri Jokowi, yaitu mantan Menteri Agraria Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan.

“Sehabis salat Jumat menjelang berangkat ke kampus UGM, diberitahu panitia kalau acara tidak jadi dilaksanakan. Karena pihak Pimpinan Fakultas membatalkan izin peminjaman auditorium. Saya jawab pada panitia, ya sudah tidak apa apa,” katanya melalui pesan instan, Sabtu (13/10/2018).

Meski mengaku tidak mempermasalahkan, Sudirman Said sangat menyayangkan sikap pihak kampus. Menurut isu yang dia dengar, pihak kampus mengancam akan memberhentikan mahasiswa yang menjadi panitia jika acara itu tetap digelar.

“Yang saya sedih, kenapa harus pakai ada ancaman drop out segala ke adik adik kita kader bangsa. Semoga ancaman drop out itu tidak benar.  Mereka tidak berbuat kesalahan.  Mereka justru sedang membina diri,” ucapnya.

Hingga kini mantan calon gubenur Jawa Tengah itu masih belum mengetahui apa alasan UGM melarang seminar itu dilakukan. “Saya tidak tahu sebabnya apa.  Menurut panitia, mereka diberi tahu ada ancaman chaos. Saya enggak mengerti chaos apa. Yang akan dibahas dalam seninar soal kepemimpinan, kebangsaan, membina idealisme, kenegarawanan. Kok ada ancaman chaos. Tidak masuk akal,” ungkapnya.