Paus Fransiskus Sebut Pelaku Aborsi Penyewa Pembunuh Bayaran

Paus Fransiskus (Reuters)
12 Oktober 2018 04:00 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, VATICAN CITY Paus Fransiskus memberikan komentar tentang maraknya kasus aborsi yang terjadi di dunia. Menurutnya, aborsi sama dengan pembunuhan ala mafia. Orang yang melakukan aborsi sama saja menyewa pembunuh bayaran untuk mengakhiri kehidupan manusia.

"Sengaja mengakhiri proses kehamilan sama saja dengan membunuh nyawa. Tindakan aborsi sama dengan menyewa pembunuh bayaran untuk menyelesaikan suatu masalah," kata Paus Fransiskus di hadapan umat Katolik di Vatikan, seperti dikabarkan Time, Rabu (10/10/2018).

Paus Fransiskus tidak mengerti mengapa ada orang yang mengizinkan aborsi. Sebab, tindakan itu jelas tidak berperikemanusiaan. "Bagaimana tindakan menghilangkan nyawa dianggap tidak berdosa? Apakah adil menyewa pembunuh bayaran untuk menghilangkan nyawa orang tak berdosa karena kebodohan seseorang? Ini jelas tidak adil," sambungnya.

Pidato soal aborsi tersebut merupakan kali kedua disampaikan Paus Fransiskus dalam beberapa bulan terakhir. Dia telah lama menyuarakan perlawanan terhadap hukum yang melegalkan aborsi. Pada Juni 2018 lalu, Paus Franciscus mengecam beberapa pasangan yang melakukan tes untuk melihat kondisi janin di dalam kandungan. Jika janin tidak berkembang dengan baik, pasangan tersebut bakal menggugurkannya.

Tindakan aborsi semacam itu dinilai sangat menyedihkan dan tidak adil. Paus Fransiskus menegaskan, aturan gereja yang menentang aborsi adalah mutlak. Jadi, siapapun wanita yang melakukan aborsi bakal mendapatkan dosa.