Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 12 Oktober 2002, Bali Didera Serangan Bom

Monumen Bom Bali I. (Wikimedia.org)
12 Oktober 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 12 Oktober. Salah satunya adalah serangan bom bunuh diri di Bali yang kini dikenang dengan sebutan Bom Bali I.

Selain itu, ada berbagai kejadian lain pada 9 Oktober yang layak dikenang. Demi mengenangnya, berikut Solopos.com merangkum beberapa peristiwa dalam catatan peristiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Lukisan sosok Koresh yang Agung, oemimpin Persia yang berhasil menaklukkan Babilonia. (Wikimedia.org)

539 SM
Kerajaan Babilonia jatuh ke tangan Persia pimpinan Koresh yang Agung. Babilonia jatuh ke tangan Persia setelah kalah dalam Pertempuran Opis di Opis, Babilonia.

633
Pasukan Kerajaan Gwynedd dan pasukan Kerajaan Mercia berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Northumbria dalam Pertempuran Hatfield Chase di Hatfield Chase, Yorkshire, Inggris. Kekalahan itu sekaligus menjadi tanda runtuhnya Kerajaan Northumbria yang kembali terbagi menjadi dua kerajaan seperti sebelumnya, yakni menjadi Kerajaan Deira dan Kerajaan Bernicia.

1792
Untuk kali pertama, Hari Colombus dirayakan. Hari Colombus itu kali pertama dirayakan di Kota New York, New York, Amerika Serikat (AS). Hari tersebut dirayakan untuk memperingati tibanya Christopher Colombus di wilayah Amerika pada 12 Oktober 1492.

White House atau Gedung Putih. (Whitehouse.gov)

1901
Presiden ke-26 Amerika Serikat (AS) Theodore Roosevelt mengubah nama tempat tinggal resmi dan tempat kerja presiden AS dari Executive Mansion atau Gedung Eksekutif menjadi White House–Washington atau Gedung Putih Washington. Namun sejak pemerintahan Franklin D. Roosevelt hingga kini, nama bangunan tersebut hanya disebut White House atau Gedung Putih.

1915
Pasukan Jerman mengeksekusi mati seorang perawat asal Inggris, Edith Cavell. Ia dieksekusi mati lantaran telah membantu sekitar 200 tentara Sekutu melarikan diri dari Belgia di masa Perang Dunia I.

1917
Pada Pertempuran Passendale antara Sekutu dan Jerman di Passendala, Belgia, pasukan Selandia Baru mengalami kekalahan dengan kehilangan banyak tentaranya dalam sehari. Bahkan jumlah korban di pertempuran tersebut menjadi yang terbesar sepanjang sejarah Selandia Baru. Meski Selandia Baru kehilangan banyak tentaranya, Sekutu berhasil menang dalam pertempuran yang berlangsung dari 31 Juli hingga 6 November.

1944
Pasukan Jerman mulai menarik dari wilayah Yunani. Sebelumnya, pasukan Jerman telah menduduki Yunani sejak 1941. Jerman secara resmi menyerahkan wilayah Yunani kepada Sekutu di akhir Perang Dunia II pada Mei 1945.

1945
The Allied Control Council atau Dewan Pengendali Sekutu memerintahkan pembubaran Partai Nazi di Jerman. Upaya kebangkitan partai tersebut dalam bentuk apapun lantas dianggap sebagai tindak pidana.

1984
Tentara Republik Irlandia meledakkan bom di Hotel Grand Brighton di Brighton, Inggris untuk membunuh Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher. Dalam peristiwa itu, Thatcher berhasil selamat namun lima orang lainnya tewas dan 31 orang terluka.

2002
Serangan bom bunuh diri mendera dua lokasi berbeda di Bali, yakni di Paddy’s Pub dan Sari Club di Jl. Legian, Kuta, serta dekat di kantor Konsulat Amerika Serikat (AS). Akibatnya, 202 orang kehilangann nyawa mereka dan tak kurang dari 209 orang mengalami luka-luka. Salah satu kunci dalam serangan itu, Amrozi, lantas ditangkap di rumahnya di Desa Tenggulun, Lamongan, Jawa Timur (Jatim) pada 5 November di tahun yang sama. Persitwa itu lantas dikenang dengan sebutan Bom Bali 2002 atau Bom Bali I.