Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 10 Oktober 680, Cucu Nabi Muhammad Meninggal di Pertempuran

Masjid Husain bin Ali di Karbala, Irak. (Wikimedia.org)
10 Oktober 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Berbagai peristiwa bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 10 Oktober. Salah satunya adalah meninggalnya cucu Nabi Muhammad, Husain bin Ali, dalam pertempuran yang kini dikenang sebagai Hari Asyura.

Selain itu, ada beberapa kejadian penting lainnya yang layak dikenang pada 10 Oktober. Demi mengenangnya, simak rangkuman Solopos.com tentang catatan persitiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

680
Pertempuran antara Bani Umayah dan Bani Ali meletus di Karbala, Irak. Pertempuran itu dipicu ketidaksetujuan Bani Umayah atas penobatan Husain bin Ali—cucu Nabi Muhammad—sebagai khalifah. Dalam pertempuran itu, Husain terbunuh oleh pasukan Bani Umayah. Peristiwa yang terjadi bertepatan pada 10 Muharam 61 H itu kini dikenang sebagai Hari Asyura. Namun Hari Asyura itu dimaknai berbeda oleh kaum Sunni dan Syiah.

1631
Pasukan Saxon berhasil menaklukkan Kota Praha yang kini menjadi ibu kota Ceko. Meski demikian, kekuasaan Saxon di Praha tak berlangsung lama lantaran kota tersebut menjadi rebutan beberapa negara di masa Perang 30 Tahun yang berlangsung dari 1618 hingga 1648.

1780
Badai besar mendera beberapa wilayah di Kepulauan Karibia, Bermuda, dan Florida, Amerika Serikat (AS). Badai itu berlangsung selama enam hari dan membuat kehancuran yang luar biasa. Peristiwa yang kini dikenang dengan sebutan Badai Besar 1780 itu menewaskan antara 20.000 hingga 22.000 orang.

Pembentukan Republik Tiongkok setelah runtuhnya Dinasti Qing akibat Pemberontakan Wuchang. (Wikimedia.org)

1911
Pemberontakan Wuchang meletus di Wuchang, Hubei, Tiongkok. Pemberontakan melawan kekuasaan Dinasti Qing itu berlangsung hingga 1 Desember di tahun yang sama dan berakhir dengan kemenangan pasukan pemberontak. Pemberontakan itu merupakan salah satu tanda runtuhnya Dinasti Qing dan mengantar ke arah terbentuknya Republik Tiongkok.

1938
Jerman secara resmi mencaplok wilayah Sudetenland di Cekoslowakia. Wilayah tersebut menjadi kekuasaan Jerman hingga akhir Perang Dunia II pada 1945. Setelah bebas dari Jerman, terjadi pembantaian besar-besaran terhadap orang Jerman yang tinggal di Sudetenland. Hal itu sebagai balasan atas perlakuan Jerman kepada orang Cekoslowakia semasa Perang Dunai II.

1944
Pasukan Jerman mulai membunuh anak-anak Bangsa Gipsi—sebutan bagi Bangsa Rom—di penampungan di Auschwitz, Polandia dengan cara diberi gas beracun. Jerman memperlakukan orang Gipsi sama dengan orang Yahudi. Di masa Perang Dunia II, sekitar 1,5 juta orang Gipsi dibunuh pasukan Jerman.

1967
Traktat Luar Angkasa yang ditandatangani lebih dari 60 negara pada 27 Januari di tahun yang sama secara resmi mulai berlaku. Traktar Luar Angkasa merupakan traktat yang menjadi dasar hukum luar angkasa bagi negara yang menandatanganinya.

1970
Fiji meraih kemerdekaannya dari Inggris yang telah berkuasa sejak 1874. Meski merdeka, pemerintahan Fiji masih dikuasai Inggris. Baru pada 7 Oktober 1987, Fiji meraih kemerdekaan penuh dan menyatakan sebagai negara republik meski masih menjadi anggota Persemakmuran Inggris.

1980
Gempa bumi berkekuatan 7,2 sR mengguncang Kota El Asnam di Aljazair. Akibat bencana alam itu, sedikitnya 2.633 orang tewas dan 8.369 lainnya mengalami luka-luka.

Xherdan Shaqiri. (Liverpoolfc.com)

1991
Xherdan Shaqiri lahir di Gjilan, Yugoslavia. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Eropa, yakni Bayern Munchen dari 2012 hingga 2015. Kini, Shaqiri membela salah satu klub besar di Inggris, yakni Liverpool, sejak pertengahan 2018.