Perjuangan Jokowi Belajar Bahasa Isyarat untuk Asian Para Games 2018

Surya Putra Sahetapy (kanan) bersama Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi di pesawat kepresidenan sebelum Opening Ceremony Asian Para Games 2018, Sabtu (6/10/9 - 2018). (Instagram/@dewiyullofficial)
09 Oktober 2018 23:00 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Penggunaan bahasa isyarat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya saat membuka Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (6/10/2018) malam, meninggalkan kesan mendalam bagi para pengguna bahasa tersebut. Di balik itu, ternyata ada proses yang tidak mudah bagi Jokowi untuk mempelajarinya.

Hal itu diungkapkan oleh Surya Putra Sahetapy, putra Dewi Yull, yang menjadi pengajar bahasa isyarat Presiden Jokowi. Surya ditunjuk sebagai pengajar mengaku mendapatkan kehormatan. Dia pun menceritakan proses yang dilalui oleh Presiden saat belajar bahasa isyarat.

"Ketika saya diminta untuk mengajari beliau. Wah senang sekali rasanya, seperti mustahil. Dalam waktu singkat, saya menerimanya dengan terhormat untuk membantu beliau," kata Surya dalam video yang diunggah di akun Twitter @murtadhaone, Selasa (9/10/2018).

Menurut Surya Sahetapy, Jokowi sebenarnya sudah berupaya mempelajari bahasa isyarat dengan menonton video. Namun, hal itu tetap sulit dipelajari sehingga Jokowi harus bertemu dengan pengajar secara langsung.

"Sebelum kami belajar bersama-sama, Pak Jokowi sudah menonton video tetapi ternyata sulit untuk dipelajari. Akhirnya kami bertemu secara langsung dan belajar bersama-sama," kata Surya dalam video itu.

Meski sulit, kata Surya, Jokowi mau mempelajarinya dengan sabar hingga akhirnya bisa mempraktikkannya. Video tersebut juga menunjukkan saat Surya mengajarkan kalimat "selamat berjuang, sukses" seperti yang disebutkan Jokowi saat membuka Asian Para Games 2018. Saat itu, Presiden Jokowi mengenakan setelan jas warna biru bersama Iriana Widodo sesaat sebelum terbang dengan pesawat kepresidenan.

"Pak Jokowi sangat sabar untuk mempelajari berulang kali. Alhamdulillah berhasil dan akhirnya bisa. Semoga pada acara pembukaan Asian Para Games 2018 nanti Pak Jokowi bisa menyampaikan pidatonya melalui bahasa isyarat dengan lancar. Sampai jumpa," kata Surya.

Unggahan @murtadhaone itu juga menyebutkan kalimat yang disebut sebagai kutipan dari Surya. "Teman2 Tuli pd terharu & merinding menyaksikan Presiden gunakan bhs isyarat. Rasanya pak Presiden mengeluarkan kami dari tempat yg tersiksa krn bahasa isyarat dianggap aneh sebelumnya & akhirnya diakui secara umum."