Sekjen PBB Antonio Gutteres Akan Kunjungi Palu

Sekjen PBB Antonio Guterres (Reuters/Adnan Abidi)
09 Oktober 2018 13:30 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA – Sekjen PBB Antonio Guterres dan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad, akan mengunjungi Kota Palu untuk melihat secara langsung dampak gempa dan tsunami.

Seiring dengan rencana tersebut, Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) telah menyiapkan pengamanan kunjungan kedua pejabat tersebut.

"Kami melakukan suatu rapat koordinasi karena pada saat Bali Forum ini kan ada tamu VVIP yang akan berencana untuk mengunjungi daerah bencana di Palu," kata Menko Polhukam, Wiranto seusai rapat koordinasi dengan Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto dan Kepala BNPB Willem Rampalingei di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2018).

Kunjungan itu akan dilakukan di sela pertemuan Bank Dunia-IMF, di Nusa Dua, Bali. Komjen Ari menyebutkan, rapat koordinasi untuk memastikan kunjungan itu lancar dan aman karena penerbangan ke Kota Palu saat ini sedang padat atau crowded dan kondisi di lapangan juga dalam masa tanggap darurat.

"Ketika seorang tamu negara akan berkunjung ke suatu tempat terlebih kawasan bencana seperti di Palu, Sulawesi Tengah diperlukan suatu pengamanan. Tentunya pada saat VVIP ini berkunjung ke Palu kan perlu kami atur ya dengan sebaik-baiknya agar perjalanan itu aman, lancar, dan menemukan suatu sasaran dalam rangka kunjungan, tidak sembarangan," jelas mantan panglima TNI ini.

Rapat koordinasi pun telah digelar untuk mengatur soal perincian/ detail kunjungan seperti lokasi hingga pengawalan.

"Oleh karena itu kami atur. Di sana hostnya siapa. Entry briefing ya penjelasannya itu yang singkat, padat, jelas, siapa yang memberikan, yang meng-guidance siapa. Lalu sasaran-sasaran yang perlu ditinjau itu apa aja. Kan enggak terus kami bebaskan saja. Jadi rapat hari ini sudah menyelesaikan pengaturan itu," ujarnya.

Sumber : Antara