Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 5 Oktober 1962, The Beatles Debut

Personel The Beatles (Grammy)
05 Oktober 2018 00:20 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 5 Oktober. Salah satunya yakni debut grup band beraliran rok asal Liverpool, Inggris, The Beatles. Selain itu, ada sejumlah kejadian lain pada 5 Oktober yang patut dikenang.

Mau tahu apa saja kejadian bersejarah pada 5 Oktober? Simak rangkuman Solopos.com dalam catatan peristiwa dunia hari ini yang dihimpun dari The People History dan Wikipedia berikut ini:

901

Prasasti Kayu Ara Hiwang ditemukan di Desa Boro Wetan, Banyu Urip, Purworejo, Jawa Tengah, 5 Oktober 901. Prasasti yang ditulis dengan aksara dan bahasa Jawa kuno itu kini disimpan di Museum Nasioal. Tanggal penemuan prasasti tersebut kemudian disahkan sebagai hari jadi Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, oleh DPRD setempat pada 5 Oktober 1994.

1450

Orang-orang Yahudi diusir dari kawasan Bavaria Bawah yang kini menjadi bagian wilayah Jerman. Pengusiran itu dilakukan atas perintah penguasa Bavaria, Louis IX.

1864

Badai topan mendera wilayah Kalkuta, India. Alhasil, sekitar 60.000 orang tewas akibat bencana tersebut. Badai topan itu merupakan yang terbesar dan paling mematikan yang pernah mendera Kalkuta.

1910

Portugal secara resmi berubah dari negara monarki menjadi republik. Sebelumnya, Portugal merupakan kerajaan yang berdiri sejak 1139.

1948

Gempa bumi berkekuaran 7,3 Skala Richter mengguncang Ashgabat, Turkmenistan. Bencana alam tersebut menelan sekitar 100.000 nyawa dan menyebabkan ratusan bangunan rusak parah.

1962

Grup musik rok asal Liverpool, Inggris, The Beatles, meluncurkan lagu pertamanya berjudul, Love Me Do. Lagu itu mengantarkan The Beatles menuju kesuksesan setelah berhasil bertengger di nomor 17 tangga lagu Inggris.

1986

Surat kabar Inggris, The Sunday Times, memuat kabar mantan teknisi nuklir Israel, Mordechai Vanunu. Dia mengungkapkan rahasia gudang senjata nuklir Israel yang selama ini disembunyikan. Mordechai Vanunu kemudian diculik di Roma, Italia, oleh agen Israel dan dihukum 18 tahun penjara karena pengkhianatan dan spionase.

Mordechai Vanunu (Hareetz)

1991

Pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara jatuh di Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur. Pesawat itu jatuh setelah lepas landas dari Bandara Halim Perdana Kusuma. Kecelakaan pesawat itu menewaskan 119 orang di pesawat termasuk 11 awak serta dua orang lain di daratan.

2011

Pendiri Apple Inc., Steve Paul Jobs, meninggal dunia di rumahnya di kawasan Palo Alto, Kalifornia, Amerika Serikat. Dia meninggal dunia akibat komplikasi kanker pankreas langka.