Ratna Sarumpaet Ditahan Polisi

Aktivis Ratna Sarumpaet (tengah) tiba di Mapolda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Kamis (4/10 - 2018). (Antara/Akbar Nugroho Gumay)
05 Oktober 2018 22:09 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Ratna Sarumpaet akhirnya ditahan oleh Polda Metro Jaya mulai Jumat (5/10/2018) malam hingga 20 hari ke depan. Penahanan ini dilakukan setelah penyidik melakukan penangkapan dan pemeriksaan sejak Kamis (4/10/2018) malam.

Penahanan ini diumumkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Jakarta, Jumat malam. Menurut Argo, Ratna ditahan karena pertimbangan penyidik agar yang bersangkutan tidak melarikan diri atau menghilangkan barang bukti.

"Untuk kasus dengan tersangka Ibu Ratna Sarumpaet, setelah dilakukan pemeriksaan, kemudian kita temukan alat bukti, bukti petunjuk, keterangan saksi, dan keterangan tersangka, penyidik setelah melakukan penangkapan, mulai malam ini penyidik melakukan penahanan," kata Argo yang ditayangkan live oleh Kompas TV.

Menurut Argo, Ratna Sarumpaet sudah menandatangani surat penahanan itu. Sebelumnya, Ratna telah menjalani serangkaian pemeriksaan secara maraton sejak Jumat pagi. Bahkan Ratna butuh beristirahat sebelum menjalani pemeriksaan lanjutan.

"Kenapa ditahan?  Alasannya subjektifitas penyidik, jangan sampai melarikan diri, mengulangi perbuatan, dan menghilangkan barang bukti," kata Argo.

Ratna Sarumpaet telah dicegah ke luar negeri oleh Kantor Imigrasi sebelum akhirnya ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (4/10/2018) malam. Ratna juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus rekayasa cerita penganiayaan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, mengatakan polisi telah menemukan sejumlah barang bukti dalam kasus kebohongan Ratna Sarumpaet. Polisi mendapatkan bukti bill debet saat pembayaran di RS Bina Estetika. Selain itu, polisi telah memeriksa sejumlah saksi, di antaranya dokter dan perawat yang terlibat dalam perawatan Ratna.